Akankah Presiden Jokowi Resmikan Proyek Pembangunan Gedung DPR ?



    Jakarta:RN~ DPR mengalokasikan anggaran untuk pembangunan tujuh proyek di gedung wakil rakyat tersebut. Proyek yang dikawal oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah tersebut rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada saat menyampaikan pidato kenegaraan jelang hari kemerdekaan RI.

   Ada pun ketujuh proyek tersebut adalah alun-alun demokrasi, museum dan perpustakaan, jalan akses bagi tamu ke Gedung DPR, visitor center, pembangunan ruang pusat kajian legislasi, pembangunan ruang anggota dan tenaga ahli, serta integrasi kawasan tempat tinggal dan tempat kerja anggota DPR. Wakil ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Dimyati Natakusumah pernah menyebut bahwa Presiden Jokowi sudah setuju dan akan meresmikan.

    "Tahun ini peletakan batu pertama oleh Presiden Jokowi usai pidato kenegaraan, itu baru sebagian. Sebagian pun belum hanya cukup fondasi dan beberapa, ini baru dilanjutkan di 2016," kata Dimyati saat dihubungi, Senin (27/4/2015).

    Namun proyek alun-alun demokrasi sudah terlebih dahulu diresmikan oleh pimpinan DPR. Alun-alun itu disebut akan bermanfaat bagi publik yang ingin berdemonstrasi di gedung wakil rakyat.

   Pembangunan gedung DPR sebetulnya sudah pernah diajukan pada tahun 2011. Tetapi saat itu muncul penolakan sehingga dibatalkan. Pada waktu itu total anggaran pembangunan adalah Rp 1,138 triliun.

    Untuk pembangunan pada tahun ini disebut oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon tak sampai Rp 1,5 triliun. Namun untuk Kuasa Pengguna Anggaran adalah Setjen DPR, sehingga pimpinan tak mengetahui secara rinci. Sementara itu wacana pembangunan gedung DPR sendiri pada tahun ini pertama kali dilontarkan oleh Ketua DPR Setya Novanto pada saat pidato di Sidang Paripurna.

    "DPR berpandangan bahwa pembangunan ikon nasional ini akan menjadi warisan bangsa, sebab setelah 70 tahun Indonesia merdeka dan 17 tahun reformasi lembaga legislatif belum pernah dibangun secara mandiri," ujar Novanto di ruang sidang paripurna, Nusantara II, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (24/4).

    Setelah hampir 4 bulan tak terdengar, belum ada lagi pernyataan mengenai rencana pembangunan ini. Namun jika sesuai dengan rencana awal, maka Presiden Jokowi akan meresmikan setelah pidato kenegaraan yang dijadwalkan pada Jumat, 14 Agustus 2015(dtk).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!