Kabupaten Siak peringati Hari Pramuka ke-54


 
SIAK:RIAUNET.COM~Bupati Siak H Syamsuar selaku Kamabicab Gerakan Pramuka 09 Kwarcab Siak pimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Jum’at 14 Agustus 2015.

Dalam acara tersebut juga di hadiri Wakil Bupati Siak selaku KaKwarcab, Unsur forkopimda, sejumlah kepala SKPD dilingkungan pemerintah kabupaten Siak, pengurus kwarcab Siak, Ka Kwaran gerakan Pramuka sekabupaten Siak, dan Tokoh Pramuka.


Bupati Siak H Syamsuar selaku Irup Upacara membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si, Semoga peringatan hari pramuka ini dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian gerakan pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal dan lebih baik pada masa depan.

Kaum muda dewasa ini di hadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial mencakup maraknya penggunaan NAPZA dan obat terlarang  pergaulan bebas yang berakibat tinggi nya hubungan seksual pra-nikah, kekerasan dan kriminalitas yang melibatkan kaum muda.

Sedangkan masalah kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia mencakup rendahnya solidaritas sosial, semangat berkebangsaan rendah ; semangat persatuan dan kesatuan rendah yang akhirnya berdampak pada rendahnya semangat bela negara, dan ancaman disintegrasi bangsa.

Ancaman ini tentu menjadi tanggungjawab semua komponen bangsa termasuk gerakan Pramuka. Gerakan pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan pada tahun 1961 oleh bung Karno ditujukan untuk dapat menjadi perekat bangsa.

Gerakan pramuka yang kini berusia 54 tahun tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan. Oleh karna itu, perlunya diciptakan gerakan pramuka baru yang diminati kaum muda. Pramuka harus dapat mengikuti perkembangan kaum muda, tidak berkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini.
 
Hampir setiap orang bahkan peserta didik memiliki alat komunikasi berupa Handphone bahkan Smartphone . Anak-anak kita yang lahir antara tahun 1990-an dan 2000-an merupakan generasi Cyber yang online dalam waktu 24 jam dan berperan sebagai Citizen jurnalis yang selalu update dalam statusnya atau mengungkapkan hal-hal yang dilihat dan dirasakan saat ini (realtime) dalam media sosial .

Pramuka Harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi . Bila tidak dapat berperan sesuai keinginan kaum muda, maka lambat laun akan ditinggalkan oleh anggotanya.

Pramuka baru harus keren, asyik, gembira, dan menyenangkan. Tantangan bagi para pembina pramuka yang harus selalu kreatif dalam pembina peserta didik digugus depan sehingga bangga menjadi pramuka .

Begitu pula para pelatih hendaknya dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang relevan dengan zamannya tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan kepada para pembina pramuka.(Jon/rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!