Saat Bocah SD Menolak Sepeda Pink Dari Jokowi

Pontianak ~ Mungkin sudah biasa bagi Presiden Jokowi membagi-bagikan sepeda ke masyarakat di sela kunjungan kerja. Kali ini di Pontianak pun demikian, 10 sepeda beraneka warna dibagikan Jokowi.

Ceritanya pagi ini sekitar pukul 09.30 WIB Jokowi dan rombongannya membagikan kartu sakti di SMPN 4 Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (22/8/2015). Jokowi tak langsung duduk di bangku depan, tapi menghampiri masyarakat penerima kartu yang sudah hadir terlebih dahulu.

Usai bersalaman dan memberikan sambutan serta membagi kartu, Jokowi pun mengajukan pertanyaan berhadiah sepeda. Kebetulan hanya tersisa 1 sepeda mini berwarna pink.

"Ini sepedanya tinggal satu. Siapa mau?" tanya Jokowi.

Semua yang hadir sampai dengan yang berada di luar pagar pun angkat tangan. Tetapi Jokowi memilih seorang siswa SD karena paling semangat angkat tangan.

"Kamu namanya siapa? Kelas berapa?" tanya Jokowi.

"Ivan. Kelas IV SD," jawab bocah itu.

"Kamu ini mirip saya waktu kecil. Sudah kurus, hitam lagi," kata Jokowi yang kemudian mengundang tawa. Ivan pun terkekeh.

"Tadi sudah ada yang menyebutkan nama-nama kota di Indonesia. Coba tambah 5 lagi bisa tidak?" ujar Jokowi.

Ivan kemudian menggeleng-geleng. Melihat ekspresi itu, Jokowi kemudian bertanya apa yang bisa dilakukan Ivan.

"Perkalian, tambah-tambahan," jawab si bocah.

"Ya sudah kalau gitu pertama empat tambah empat berapa? Empat kali empat berapa?" tanya Jokowi.

"Empat tambah empat, delapan. Empat kali empat enam belas," jawab Ivan.

"Sekarang tujuh tambah tujuh tambah tujuh berapa? Nah, bingung kan," tandas Jokowi.

Ivan mulai berpikir. Tetapi akhirnya berhasil menjawab dengan angka dua puluh satu. Setelah itu Ivan diminta mengambil sepeda yang sudah tersisa.

Dengan langkah polos khas bocah SD, Ivan berjalan menuju sepeda. Tetapi apa yang terjadi kemudian?

"Enggak mau ah, sepeda bencong," kata Ivan.

Sontak Jokowi pun terkekeh geli sampai-sampai berulang kali menanyakan alasan ke Ivan. Ketika mendengar alasan 'sepeda bencong', Jokowi dan semua yang hadir termasuk Ibu Iriana Jokowi, Mendikbud Anies Baswedan, dan Gubernur Kalbar Cornelis tertawa geli.

Akhirnya Jokowi meminta sepeda itu ditukar dengan yang didapatkan warga sebelumnya. Ivan pun mau ketika sepeda pink ditukar dengan yang biru.

"Wah, tegas anak ini. Kalau ndak mau ya ndak mau bener," ungkap Jokowi.(dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!