2016 Sebanyak 59 Desa Di Rohul Akan Gelar Pilkades Serentak




Rokan Hulu : RIAUNET.COM ~ Pemkab Rohul saat ini tengah menyusun Draf Rancangan Peraturan Daerah, tentang Pemilihan Kepala Desa Serentak. Tercatat,59 Desa Saat ini sudah habis dan akan habis masa jabatannya dan akan masuk dalam Pilkades Serentak Tahap pertama yang rencananya akan di mulai penerapnnya pada Bulan Juni 2016 mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa Drs.Yusri Msi mengatakan, saat ini Draft Ranperda Pilkades Serentak ini sudah selesai dan hanya tinggal di konsultasikan ke Bagian Hukum Sebelum di usulkan Ke DPRD Rohul untuk dibahas dan di setujui menjadi peratura Daerah (Perda).

"Kita sudah Susun draft ranperdanya tinggal kita Konsultasikan ke bagian Hukum sebelum di usulkan Ke DPRD rohul,”kata yusri Senin (21/9/2015) di ruang kerjanya kemaren.

Lanjut Yusri,Kita akan menyesuaikan dengan undang-undang desa yang baru Dalam Draft Ranperda Pilkades Serentak ini, Pemerintah Daerah Mengusulkan beberapa syarat dalam rangka peningkatan kualitas Kepala Desa pilihan rakyat serta syarat-syarat berkaitan dengan  ke arifan local. 

Syarat tersebut adalah, Bebas narkoba, bisa berpidato , membuat konsep pembangunan serta bisa membaca Al-Qur"aan.

“Kita akan upayakan membuat Kepala desa yang di pilih masyarakat bisa meningkatkan kualifikasi, sehingga diharapkan supaya peningkatan kualitas ini berpengaruh terhadap pembangunan di desa, karena kepala desa ini lah yang menjadi ujung tombak pembangunan.

Kemungkinan Pilkades serentak ini akan di buat dalam 3 tahap, namun dia belum bisa merinci tahun pasti, kapan seluruh desa di rokan hulu melakukan pilkades serentak, karena masa habis jabatan kepala desa masih variatif.

  Saat ini dari 143 Desa di rohul  baru 20 sampai 30 desa yang sudah habis masa jabatannya, semantara 29 lainya habis pada bulan juli 2015 kemaren.

kita belum bisa pastikan,  tahun berapa seluruh desa di rohul menggelar Pilkades serentak, karena jabatan kades masih bervaratif, dan banyak desa yang baru menggelar pilkades” sebut yusri

Lanjut dia,Untuk menyamakan rentang masa jabatan, seluruh desa bisa menggelar pilkades serentak, BPMBD Rohul untuk sementara sudah stop pelaksanaan pemilihan kepala desa di seluruh kecamatan di rohul.

Untuk mengisi kekosongan pemerintahan desa, sementara waktu pemerintah Daerah menunjuk Penjabat Sementara hingga pilkades serentak digelar. Penunjukan PJS Kades Bukan Di tunjuk oleh Pihak BPMPD melainkan berdasarkan kesepakatan antara seluruh elemen Desa,"pungkasnya (Fah).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!