80 Pasutri Ikuti Isbat Nikah Di UPTD Kecamatan Rambah Hilir



Rokan Hulu : RIAUNET.COM ~ 80-an Pasangan Suami Istri (Pasutri) warga Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu mengikuti isbat nikah di Kantor UPTD Disdukcapil Kecamatan Rambah Hilir selama dua hari yakni Senin (28/9) dan Selasa (29/9/2015).

Acara Isbat Nikah ini atas kerja sama Pengadilan Agama dan Kementrian Agama Kabupaten Rokan Hulu.

"Irfan Ridho Kadisdukcapil Kabupaten Rokan Hulu mengatakan, pelaksanaan Isbat Nikah ini dilakukan dengan dua kali dimana hari pertam ini diikuti sebanyak 45 pasutri sedangkan untuk hari kedua sebanyak 35 pasutri dan diperkirakan akan selesai dalam dua hari. 

Pasutri yang sudah menikah sebelumnya menurut hukum agama sudah sah, namun secara hukum negara belum sah sehingga dilakukan nikah isbat karena dengan memiliki buku nikah akan mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi Seperti pengurusan akte kelahiran anak dan sebagainya,"katanya.

Lanjut Dia, program isbat nikah ini merupakan program dari Pengadilan Agama bagi masyarakat yang belum mempunyai buku nikah yang sah dari Negara, tapi mereka sudah menikah puluhan tahun lalu. 

Untuk yang baru aktif melaksanakan isbat nikah itu, yakni Kecamatan Rambah Hilir dan untuk Kecamatan lainnya sampai saat ini belum berjalan, namun kedepan Kecamatan lain juga harus melaksanakannya agar masyarakat Rohul mempunyai buku nikah secara umum .

"kepala UPTD Disdukcapil Rambah Hilir Syafeinur mengatakan, isbat nikah kali ini diikuti sebanyak 80 pasutri dan hal ini telah di sosialisaikan di 13 Desa se Kecamatan Rambah Hilir, sehingga dari sosialisasi tersebut "ternyata masih banyak masyarakat rambah hilir yang belum punya buku nikah yang sah secara hukum,"ujarnya (Fah).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!