Di Tinggal Sholat Ied, Rumah Dan Kebun Sawit Ludes Terbakar



  Palembang~ Puluhan hektar kebun sawit dan satu unit rumah penduduk di Desa Muara Dua, Kecamatan Pulau Rimau, Kabupaten Banyuasin, Sumsel, terbakar. Diduga api sengaja dibakar oleh oknum yang membuka lahan saat warga melaksanakan salat Idul Adha kemarin.

  Amirudin (40), pemilik rumah mengaku warga baru mengetahui kebakaran saat api sudah membesar beberapa jam kemudian. Petugas pemadam yang dihubungi tak kunjung datang, membuat warga bergotong royong memadamkan api dengan alat seadanya.

  Api dengan cepat membesar dan menjalar ke kebun sawit milik warga lainnya. Bahkan, karena api dan upaya pemadaman tak seimbang, membuat api turut membakar rumahnya.

  "Saya cuma pasrah lihat rumah saya terbakar karena api sangat cepat membesar, sementara alat yang dipakai hanya seadanya ," ungkap Amirudin, Jumat (25/9/2015).

  Dia menduga api berasal dari ulah warga yang membuka lahan dengan cara membakar saat warga lain melaksanakan salat Ied di masjid desa setempat.

"Ada yang bakar saat kami salat Ied, jaraknya memang jauh dari perkampungan. Kami terlambat tahu," kata dia.

Warga menyesal tindakan kepala desa dan pemadam dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang tidak sigap merespon laporan warga.

"Tengah malam tadi, api baru padam sendiri karena puluhan hektar sawit warga dan rumah saya terbakar," ujarnya.

Kepala BPBD Banyuasin Ali Leman Arsyad mengungkapkan, pihaknya sama sekali tidak mengetahui adanya kebakaran tersebut. Diduga, warga tidak menghubungi petugas pemadam saat kejadian.

"Kami selalu stand by. Cukup ditelepon saja, kami siap meluncur," pungkasnya (Mrdk).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!