Kadistaben Rohul : Mendahulukan Kebutuhan Pokok Dari Pada Batu Akik




Rokan Hulu : RIAUNET.COM ~ Saat ini penggemar serta pengrajin batu akik khususnya di Rokan Hulu sudah hilang dari peredaran, tidak seperti beberapa bulan sebelumnya, hampir di setiap pinggir jalan kita melihat ada penggemar dan pengrajinnya. 

Kepala dinas pertambangan dan energi kabupaten Rohul Drs. Yusmar Yusuf‎, M.Si mengatakan, ada beberapa hal yang membuat pesona batu akik tak lagi berkilau seperti beberapa bulan lalu, dimana batu akik sempat menjadi perbincangan dan sumber mata pencarian sejumlah kalangan. 

Redupnya kilauan (penggemar) batu akik di tengah masyarakat saat ini  Disebabkan ada beberapa faktor, yakni, terjadinya orientasi, atau perpindahan dari kuantitas menjadi kualitas, artinya pencinta batu akik tak lagi mementingkan kuantitas tapi kualitas,selanjutnya para penggemar batu akik sudah banyak mengumpulkan berbagai jenis batu akik yang berkualitas,"katanya jum'at (25/9/2015) di ruangan kantornya.

"Pada saat ini, Lanjut dia, para pencinta batu akik lebih memilih mempunyai satu batu akik dengan kualitas super dan tidak dimiliki oleh orang lain. Seperti saat ini yang jarang dimiliki oleh orang lain, yakni batu akik jenis halilintar. Kita tau bahwa dalam satu bongkahan batu akik. Belum tentu bisa ditemukan halilintarnya.

Bukan hanya itu saja, redupnya penggemar batu akik tersebut. Juga dipengaruhi oleh perekonomian yang sedang buruk. Pasalnya, batu akik merupakan kebutuhan ekstra. Sehingga masyarakat lebih mementingkan kebutuhan pokok terlebih dahulu. 

Maasyarakat saat ini lebih mementingkan kebutuhan pokok. Tentunya batu akik tak lagi didahulukan oleh pencinta batu akik.  

"Kita lihat saat ini banyak stand-stand batu akik yang tutup. Karena menurunnya pencari serta penggemar batu akik",ungkapnya (Fah).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!