Mantan Napi : Kawan Di Sukamiskin Main Facebook, Sebut Gayus Sering Keluar Lapas




  Jakarta~ Mantan narapidana yang kini menjadi musisi, Bona Paputungan, memberitahu bahwa kawan narapidananya di Lapas Sukamiskin memberitahu lewat Facebook, bahwa Gayus Tambunan sering keluar Lapas. Kok Napi main Facebook?

  "Kata teman-teman saya di Sukamiskin, Gayus sering keluar. Banyak teman saya yang narapidana berkomunikasi dengan saya lewat Facebook," kata Bona dalam diskusi 'Bebas Lepas di Lapas', di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/9/2015).

  Pembawa acara lantas bertanya, bagaimana mungkin narapidana di Sukamiskin masih bisa main Facebook. Bagaimana cara mereka melakukan komunikasi dengan media seperti itu?

  "Bisa. Pakai handphone, kalau laptop ya mungkin koruptor tadi," kata Bona.

  Dalam diskusi ini hadir pula Juru Bicara Ditjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM Akbar Hadi dan anggota Komisi III DPR dari PDIP Dwi Ria Latifa. Akbar meminta jika ada temuan bahwa para narapidana menggunakan alat komunikasi elektronik, maka laporkan kepada pihaknya.

  "Maka kita sampaikan, laporkan ke kami biar kami bisa tindaklanjuti," kata Akbar.

  Dwi Ria Latifa menyoroti soal integritas petugas Lapas yang lemah, ini mengakibatkan pengawasan terhadap narapidana di Lapas menjadi longgar, terutama narapidana berduit yang bisa menyogok petugas Lapas.

  "Maka rekruitmen petugas Lapas harus sungguh-sungguh, bukan sekadar memenuhi kebutuhan kekurangan petugas Lapas. Harus ada pelatihan mental," kata Ria.

  Akbar mengakui memang pihaknya kekurangan petugas Lapas, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Ide pembentukan Badan Diklat untuk melatih para petugas agar berintegritas dipandang menarik (dtk).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!