6 Cara Memilih Kepiting Yang Segar Dan Berdaging




Jakarta~Olahan kepiting menjadi salah satu santapan enak di warung tenda. Tentunya rasa hidangan makin enak jika kepiting mempunyai daging tebal . Ada beberapa tips penting dalam memilih kepiting.

  Baik saat masak di rumah atau makan di luar, kepiting bisa jadi pilihan favorit . Memilih kepiting hanya berdasarkan ukuran bukanlah cara terbaik. Bila Anda memilih kepiting baru berganti kulit (molting), Anda akan kecewa saat menemukan sedikit daging dalam cangkangnya. Sebaiknya ikuti tips ini dalam memilih kepiting, seperti dilansir dari Shape.com.sg.

  1. Gerak
  Anda tentunya ingin kepiting segar, bukan yang sudah mati. Karkas kepiting akan bercitarasa buruk dalam beberapa jam. Pilih kepiting yang berani dan agresif, atau setidaknya masih bergerak. Sebaiknya jangan konsumsi kepiting yang sudah mati.

2. Perut

  Perhatikan sisi bawah kepiting, terutama permukaan flap perut bentuk segitiga dengan warna terang. Kepiting jantan mempunyai perut menyempit runcing. S edangkan kepiting betina ukurannya lebar dan bulat.

  Tekan bagian tengah flap dengan jari untuk menguji kekukuhannya. Kepiting berdaging memiliki perut yang kukuh, menonjol dan ada semburat kuning. Perut lembek seringkali dengan sedikit warna biru menandakan kepiting kehilangan dagingnya. Kepiting berdaging umumnya lebih berat jika diangkat.

3. Capit

  Tanda-tanda lain dari kepiting yang sudah sepenuhnya tumbuh adalah capit dipakai dengan baik. Periksa capit kanan yang digunakannya untuk menghancurkan mangsa, apakah bergigi tumpul atau pipih.

4. Warna

  Abaikan kecenderungan memilih kepiting terang mengkilap. Cari kepiting dengan cangkang lebih kusam atau bahkan bergores. Cangkang yang terpakai menunjukkan kepiting siap ganti kulit dan berdaging.

5. Aroma

  Kepiting segar tidak memiliki bau. Hindari kepiting yang berbau amonia.

6. Penyimpanan

  Pilihlah kepiting yang disimpan di tempat kering. Kepiting yang ada dalam tangki air menggunakan lebih banyak energinya dan lebih cepat kehilangan daging. Tanyakan pada penjual kapan kepitingnya ditangkap. Idealnya kepiting harus dimasak dalam dua hari setelah penangkapan,"(dtk).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!