APBN 2016 Jokowi Rp 2.095 Triliun, Bakal Ada Anggaran Khusus Asap




Jakarta~Semalam rapat di Badan Anggaran (Banggar) DPR hingga subuh, disetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2016 yang nilainya Rp 2.095,7 triliun. APBN ini disebut lebih ekspansif untuk pembangunan infrastruktur, dan ada anggaran khusus asap.

  Demikian disampaikan oleh Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro usai rapat dengan Banggar DPR subuh tadi, Jumat (30/10/2015).

  "Masalah kabut asap itu akan ada di anggaran, pertama dia ada anggaran bencananya sendiri, yang merupakan dana cadangan yang on call oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Kemudian anggaran di Kementerian Kehutanan sendiri, kemudian kami tambah kami akan beli 3 pesawat tahun depan untuk pesawat bom air, mungkin nanti kabinet memutuskan akankah kami melakukan rekonstruksi lahan gambut, itu kami pertimbangkan yang tentunya butuh dana besar," papar Bambang.

  Dia mengatakan, anggaran infrastruktur akan meningkat tahun depan, meski belum disebut secara rinci berapa besar jumlah dan kenaikannya. Kondisi ini, ujar Bambang, akan berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

  "Jadi kalau ditanya 2016 sumber pertumbuhan apa? Ya selain konsumsi dan mungkin investasi ya saya harus bilang belanja pemerintah penting, jadi sifat ekspansinya masih ada," jelas Bambang. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!