Harga Sawit Jeblok, Petani Mulai Jual Kebunnya

SIAK : RIAUNET.COM ~ Anjlok nya harga buah kelapa sawit di tingkat petani, membuat petani pusing tujuh keliling ,dan jalan yang di tempuh adalah menjual kebunnya untuk biaya hidup keluarganya.

   Harga sawit dalam beberapa bulan ini terus saja jeblok ,sepertinya harga sawit sulit untuk naik kembali.

  "Hal ini dikatakan Anto (43) sabtu (3/10/2015)warga Kecamatan Lubuk Dalam kabupaten siak,sepertinya saat ini petani tidak bisa lagi mengharapkan kebun sawit nya , ini di sebabkan harga buah kelapa sawit yang semangkin tidak menentu,"jelas Anto.

  Lanjut Dia,akibat harga buah kelapa sawit jeblok banyak petani ingin menjual kebunnya untuk biaya hidup keluarganya.bahkan ada juga petani yang anaknya putus sekolah karna terkendala biaya,"katanya.

  Tampubolon (41) Warga kecamatan Koto gasib juga mengatakan,kalau harga sawit terus anjlok begini bisa-bisa petani sawit gulung tikar dan menjual kebunnya untuk alih profesi , karna hasil dari kebun sawit tidak bisa lagi di harapkan,"sebutnya.

  "Coba bayangkan bang, lanjut Dia" sudah beberapa bulan belakangan ini harga sawit di petani cuma di bawah Rp 800 /kg,itu masih harga kotor , artinya petani masih mengeluarkan biaya pupuk ,tukang panen dan perawatan lainnya.

  Kita hanya petani kecil dan hanya bisa berharap kepada pemerintah agar di carikan solusinya ,kita takut bang,kalau petani telah banyak menjual kebun sawit ,imbas nya pengangguran pun bertambah banyak,"ujarnya (Jon).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!