Berita Terkini

Jokowi Minta Harga Premium Turun, Menteri ESDM : Akan Dipelajari

Kamis, Oktober 01, 2015
Loading...



 Jakarta~ Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta harga bensin Premium diturunkan, sebagai bagian dari paket kebijakan ekonomi jilid III yang akan dikeluarkan. Apa kata Menteri ESDM, Sudirman Said?

   "Kita akan pelajari," ujar Sudirman singkat kepada detikFinance, Kamis (1/10/2015).

   Jokowi mengatakan, untuk paket kebijakan ekonomi jilid III, dirinya ingin ada kebijakan yang efeknya terasa dalam jangka pendek.

  "Yang berkaitan dengan BBM dihitung lagi Pertamina. Silakan Pertamina, meskipun kemarin sudah diumumkan oleh Menteri ESDM, dalam keadaan negara membutuhkan tolong dihitung lagi, apakah masih mungkin yang namanya Premium itu diturunkan meskipun hanya sedikit," tegas Jokowi saat membuka rapat di kantor Presiden, siang tadi.

   Kementerian ESDM, lewat Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas), IGN Wiratmaja Puja mengatakan, pihaknya akan menahan harga jual Premium dan Solar subsidi hingga 3 bulan ke depan.

   Selama 6 bulan ke belakang harga BBM premium belum pernah mengalami perubahan Rp 7.300/liter untuk luar Wilayah Jawa-Madura-Bali. Sedangkan daerah Jawa Bali ditetapkan Rp 7.400/liter‎. Sementara harga minyak solar subsidi ditetapkan Rp 6.900/liter (dtk).