Berita Terkini

Kakankemenag Rohul : Para Muallaf Bisa Lapor Ke KUA Kecamatan

Rabu, Oktober 21, 2015



Rokan Hulu : RIAUNET.COM ~ Kakan Kemenag Kabupaten Rokan Hulu Ahmad Supardi Hasibuan menegaskan, untuk pembinaan para muallaf di Negeri Seribu Suluk ini, bisa melaporkan diri langsung ke Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) di 16 kecamatan se-Rohul. 

Hal Ini disampaikan di ruang kerjanya, Selasa (20/10/2015), nanti setelah muallaf tersebut melapor ke KUA, baru dikoordinasikan dengan pengurus Kantor Kemenag Rohul. 

"Baru setelah itu kita lakukan upaya komunikasi dengan pihak Bantuan Amil Zakat Nasional (Basnas) Rohul," terangnya.

Lanjut Ahmad Supardi, untuk Rohul belum ada terorganisir orang-orang muallaf ini. Namun ada oknum-oknum tertentu mengemis kemana-mana dengan mengatasnamakan muallaf. 

"Seharusnya tidak boleh, sebab dalam Islam itu dilarang mengemis yang diperitahkan bekerja dan berkarya," ujarnya. 

Masih kata Ahmad, muallaf itu batas hanya dua tahun, kalau dibantu itu statusnya bukan muallaf lagi, tapi kalau ekonomi lemah dibantu sebagai orang miskin, nanti ditengok dulu usahanya, baru  dibantu usahanya itu. 

Dalam Islam muallaf itu termasuk, salah Asnaf dalam zakat, penentuan asnaf itu gunanya untuk membujuk hati dia supaya ada perhatiannya untuk agama Islam, meskipun dia kaya, dia berhak mendapat santunan dari zakat tersebut,"tandasnya. (Fah)