Berita Terkini

Menteri Johan Berbagi Cerita Siasat Benahi Transportasi Di Indonesia

Minggu, Oktober 25, 2015
Loading...



Jakarta~Ignasius Jonan sudah setahun menjabat sebagai Menteri Perhubungan di Indonesia. Selama ini perbaikan terus dia lakukan.

  Saat berbincang santai di sela-sela kunjungan kerja di Washington DC, Amerika Serikat, Sabtu (24/10/2015) di tahun pertama ini, dia fokus pada pembenahan transportasi udara.

  "Kita memulai udara lebih dahulu. Porsinya 40 persen untuk udara, sisanya yang lain dibagi-bagi," urai Jonan.

  Sejumlah perbaikan selama setahun ini terasa di bandara. Misalnya saja pengaturan izin rute yang ketat hingga perbaikan sarana dan prasarana di bandara. Tengok saja Bandara Soekarno-Hatta yang kini sudah lebih nyaman dengan banyak bangku tempat penumpang duduk menunggu.

  Jonan juga berkeliling Indonesia mengecek bandara-bandara hingga ke pelosok. Dia ingin bandara nyaman dan aman. Tidak boleh ada orang berkeliaran yang tidak berkepentingan di area landasan pesawat.

  "Sekarang sudah mulai terlihat hasilnya udara, sudah lumayan kan," tegasnya.

  Di 2016, Jonan akan menggeber perbaikan di bidang maritim. Dia akan membuat tangan Perhubungan di maritim benar-benar bekerja dan bisa melakukan perbaikan.

  "Tahun depan laut 40 persen dan yang lain darat udara 20 persen," tuturnya.

  Jonan sudah menyiapkan sejumlah langkah mulai dari perbaikan pelabuhan hingga urusan tol laut. Kemudian tahun depannya melangkah ke bidang darat.

  "Untuk transportasi ini kita harus pelan-pelan. Ini banyak yang harus dibenahi, belum yang lainnya," tutup jona . (dtk)