Pemkab Siak Gelar Pelatihan Aparatur Pemerintah Kampung




SIAK:RIAUNET.COM~Bupati Siak melalui Asisten 1 Setdakab Siak H Fauji Asni pada pelatihan Aparatur Pemerintah Kampung senin (19/10/2015) menjelaskan ,Dengan pelatihan Penyusunan APB Kampung ini  diharapkan, Penyusunan APB Kampung dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, Informasi tentang keuangan Kampung secara transparan dan dapat diperoleh oleh masyarakat,"katanya.

Di jelaskan lagi, APB Kampung harus disesuaikan dengan kebutuhan Kampung, Pemerintah Kampung bertanggung jawab penuh atas pengelolaan keuangan Kampung baik secara langsung maupun lewat lembaga perwakilan melakukan pengawasan atas pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh pemerintah Kampung. 

"Selain itu kita juga harus selalu menyadari bahwa konsep pengelolaan APB Kampung akan selalu berhubungan dengan manajemen, khususnya terkait dengan tindakan-tindakan planning, organizing, actuating dan controling (POAC). Dimana masing-masing tindakan manajemen itu juga harus digunakan secara berurutan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan,"terangnya.

"Sementara itu Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa BPMPD Febri Yeni mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan terkait penyusunan APB Kampung,"jelas febri. 

Selain itu ,lanjut dia, untuk menertibkan administrasi Penyusunsn APB Kampung yang tertib, benar dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan yang telah diatur dalam  Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. 

"Kegiatan ini dibagi menjadi 3 angkatan yang terdiri dari Aparatur Kampung, unsur kecamatan, sarjana pendamping kampung, dan krani kampung. Jumlah keseluruhan 176 orang yang dibagi 3 tahap.

Untuk angkatan I sebanyak 58 orang dengan Narasumber berasal dari BPKP Perwakilan Ptovinsi Riau dan Balai PMD Yogyakarta UPT Kemendagri.

Angkatan I mulai tanggal 18-21 Oktober 2015, angkatan II tanggal 22-25 Oktober 2015, dan angkatan III tanggal 26-29 Oktober 2015,"jelasnya. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!