Penjabat Bupati Inhu Tinjau Pengobatan Gratis Relawan ASAP




INHU:RIAUNET.COM~Penjabat Bupati Indragiri Hulu H Kasiarudin meninjau pelaksanaan pengobatan gratis terhadap korban terpapar asap di Desa Sungai Raya dan Desa Rawa Asri Kecamatan Rengat, Senin (19/11) siang.

   Pelaksanaan pengobatan gratis ini dilakukan PPPA Darul Quran binaan Ustad Yusuf Mansyur.

  Tim relawan ASAP (Aksi Solusi Atasi Polusi) PPPA Darul Quran ini terdiri dari tenaga dokter dan perawat. Selain memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, relawan ASAP juga memberikan masker N95 sesuai dengan standar kesehatan.

  “Sebelumnya relawan ASAP PPPA Darul Quran sudah melaksanakan pelayanan kesehatan di Provinsi Jambi selama empat hari dan hari ini kami melaksanakannya di Provinsi Riau, tepatnya di Desa Rawa Asri dan Sungai Raya, Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu,” kata staf Koordinator Lapangan Relawan ASAP Didik Kurniawan.

  Menurut Didik, pengobatan gratis dan pembagian masker dilakukan kepada seluruh warga yang terpapar asap akibat kebakaran lahan dan hutan. Dari hasil pemeriksaan, umumnya warga menderita ISPA. “Selain memberikan obat, kami juga membawa tabung oksigen untuk membantu warga,” ujarnya.

  Didik juga Ditambahkan, PPPA Darul Quran selalu melaksanakan aksi sosial terhadap korban bencana di seluruh Indonesia, khususnya pasca bencana dengan memberikan pelayanan kesehatan. Setelah di Kabupaten Inhu, rencananya pelayanan kesehatan akan dilakukan di Pekanbaru dan selanjutnya akan menuju Kalimantan.

  Sementara itu, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada relawan ASAP dari PPPA Darul Quran yang telah melaksanakan pengobatan gratis kepada warga terpapar asap di Desa Rawa Asri dan Desa Sungai Raya Kecamatan Rengat serta pembagian masker N95 yang sesuai standar kesehatan.

  Penjabat Bupati berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan pihak lain sehingga warga yang menderita penyakit akibat kabut asap dapat terbantu. “Semenjak kabut asap, Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu juga telah mendirikan posko pelayanan kesehatan selama 24 jam di RSUD dan seluruh puskesmas,” jelasnya.

  Mengingat dengan kembali munculnya kabut asap di wilayah Kabupaten Inhu, Penjabat Bupati mengingatkan warga untuk mengurangi aktivitas diluar ruangan dan jika terpaksa harus keluar rumah, diminta menggunakan masker sesuai standar kesehatan. Selain itu, Penjabat Bupati Inhu minta kepada warga yang mengeluhkan sakit untuk memeriksa kesehatan ke posko yang telah disediakan,"imbuhnya (rls).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!