Salah Satu Kades Di Rohul Halangi Wartawan Meliput




ROHUL:RIAUNET.COM~Forum solidaritas wartawan Rokan Hulu (Foswar) meminta agar Bupati Rohul Achmad menegur kades Batang Kumu, Tambusai Afnan Pulungan yang bersikap arogan kepada wartawan, saat meliput persoalan warga di desa itu, Kamis (1/10/2015).

"Yusrizal Thamrin ketua Foswar mengatakan, sikap yang dipertontonkan oknum Kades Batang Kumu itu sangat menjatuh kan martabat seorang pemimpin, karena tidak mencerminkan sikap seorang pengayom.

"Kita minta agar Bupati Achmad menegur kades Anan Pulungan yang tidak mencerminkan seorang pemimpin terebut itu, sekaligus mengajarinya tentang UU No 40 thn 1999 tentang Pers ,serta UU keterbukaan informasi Publik (KIP)," kata Yusrizal didampingi sekretaris Foswar. 

Masih kata Yusrizal, tidak ada hak siapapun, termasuk Kades untuk menghalangi wartawan untuk meliput berita, apalagi pemberitaan menyangkut kepentingan masyarakat. 

"Jika Bupati tidak sempat untuk mengajari oknum Kades Batang Kumu tentang dua UU itu, Foswar siap mengajarinya," ungkapnya. 

Seperti diketahui, beberapa wartawan dari berbagai media yang bertugas di Rohul meliput rencana mediasi sengketa lahan antar warga di Kantor Desa Batang Kumu. 

Adnan Pulungan yang juga mengaku ngaku sebagai wartawan media kriminalitas itu,  marah marah dan melarang keras wartawan masuk ke kantor Desa Batang Kumu. 

"Tak ada hak wartawan membuat berita tentang sengketa lahan antar warga di desanya ke media massa, karena bukan berita kriminalitas," kata Adnan dengan congkaknya. 

Padahal, sengketa lahan itu telah terjadi kekerasan, seorang warga dibacok oleh warga lain di lahan sengketa. Dan kasusnya tengah ditangani Polsek Tambusai. (Fah)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!