Upacara Peringatan HUT Ke-16 Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2015




Rokan Hulu : RIAUNET.COM ~ Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu ke-16 Tahun 2015, di Halaman Kantor Bupati Rohul Senin (12/10/2015) berlangsung hikmah serta dilanjutkan dengan penanda tanganan peresmian Tujuh bangunan.

Bupati Rohul Drs H.Achamad M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara serta selaku Komandan Upacara Camat Rambah Ari Gunadi.

Hadir dalam upacara tersebut, Wabup Rohul Hafith Syukri, Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi, Sekda Rohul Damri Harun,  Forkopinda Rohul, Kepala Dinas, Badan , tokoh adat, tokoh agama, para mantan-mantan pejabat Rohul , serta ribuan peserta upacara baik dari kalangan PNS, tenaga honorer, para pelajar dan lainnya.

Bupati Rohul Achmad dalam sambutannya menyampaikan, kalau otonomi daerah itu menjadi rahmat bagi Kabupaten Rohul, sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 1999, Rohul mekar dari Kabupaten Kampar, ini membuktikan sebagai bentuk kesempatan bagi daerah untuk hidup mandiri dan membangun dengan sebaik mungkin sesuai dengan visi daerah menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Riau tahun 2016,"paparnya.

Lanjut Achmad , Upaya yang dilakukan untuk membangun daerah yakni peningkatan kualitas aparatur, sebab mustahil rasanya tercipta clean and good governance dengan tanpa menerapkan sistem Elektronik (e-Governencae), tahun 2014 lalu, Rohul menjadi kabupaten terbaik dalam penerapan e-governance terbaik di Provinsi Riau. 

"Seluruh transaksi kegiatan di Pemkab Rohul, baik pengadaan, barang jasa, keuangan, perizininan, pelayanan masyarakat dan lainnya sudah menerapkan sistem online, sehinngga tercipta transpransi publik serta bebas dari praktek-praktek korupsi,"katanya. 

Dijelaskan nya lagi,Untuk program-program  pemberantasan kemiskinan, kini Pemkab Roohul mengentaskan kemiskinan melalui program Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA) di perkebunan kelapa sawit, sehingga sekitar 15 ribu warga Rohul telah berubah secara signifikan ekonominya, ada juga program tanaman holti kultura.

"Kondisi ekonomi masyarakat kini dalam keadaan morat-marit akibat anjloknya harga Buah kelapa sawit dan karet, maka di programkan pengembangan tanaman kacang tanah, jagung, kedelai, ini sebagai antisipasi manakala harga komoditas kelapa sawit dan karet turun drastis. 

"Untuk peningkatan SDM, sejak tahun 2006, 25 s/d 27 % APBD Rohul dialokasikan untuk pendidikan, Rohul ini juga terbukti satu-satunya kabupaten pemekaran yang memiliki lima perguruan tinggi, yakni Universitas Pasir Pangaraian (UPP), Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) , Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), Sekolah Tinggi Playing School dan Institut Sains Alquran (ISQ),"sebutnya. 

Sambung Achmad, Pendidikan di Rohul juga dikalaborasikan dengan sistem Tekhnologi Informasi (IT), untuk infrastruktur pendidikan, tidak ada lagi sekolah yang beratap daun, tidak ada lagi sekolah berdinding papan, tidak ada lagi sekolah yang berlantaikan tanah, Pemkab Rohul sudah mencanangkan program wajib belajar 12 tahun,"terangnya (Fw).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!