Bendera Setengah Tiang Berkibar Menuju Makam Sri Paduka Pakualam IX

Yogyakarta - Jenazah Wakil Gubernur DIY KGPAA Sri Paduka Pakualam IX telah dimakamkan. Bendera Merah Putih berkibar setengah tiang di jalan menuju kompleks makam.

  Jenazah dimakamkan di samping makam istrinya di makam Astana Girigondo, Temon, Kulonprogo, DIY, Minggu (22/11/2015). Makam tersebut berada disebuah bukit. Untuk menuju makam tersebut harus naik melewati tangga yang jumlahnya cukup banyak.

  Ratusan karangan bunga berjajar di kompleks makam. Ribuan warga mengantarkan Sri Paduka Pakualam IX ke peristirahatan terakhirnya.

  Sebelum dimakamkan, jenazah terlebih dahulu disemayamkan di masjid yang berada di kompleks makam dan di shalatkan. Jenazah kemudian dimakamkan.

  Kerabat Kadipaten Puro Pakualaman, KPH Kusumopharasto mengatakan setelah pemakaman selesai selanjutnya di Puro Pakualam akan dilaksanakan tradisi 7 harian, 40 harian dan seterusnya. Masyarakat dipersilakan untuk hadir pada acara tersebut.

  "Seperti biasanya, ada 7 hari, terus 40 hari, 100 hari," kata KPH Kusumopharasto di Makam Astana Girigondo, Temon, Kulonprogo.

  Ketua MUI Din Syamsuddin saat melayat di Kadipaten Puro Pakualaman mengatakan bahwa Sri Paduka Pakualam IX adalah tokoh pemimpin yang egaliter. Sebagai Pakualam, Raja, tetapi akrab dengan masyarakat lain.

  Pakualam adalah seorang 'Raja' Jawa tetapi dekat dengan Islam. Din Syamsuddin mengaku merasa sangat kehilangan atas sosok Pakualam IX dan bukan hanya warga Yogyakarta tetapi bangsa Indonesia. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!