Bertemu MPR dan DPD, Wapres India Bicara Soal Demokrasi Dan Budaya




Jakarta : Wakil Presiden India Hamid Ansari pagi ini menemui pimpinan MPR dan DPD untuk membicarakan penguatan hubungan bilateral. Dalam dua pertemuan terpisah, pembicaraan fokus pada hubungan demokrasi dan budaya antara Indonesia dan India.

  Pertemuan dengan MPR maupun DPD dilangsungkan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015). Pertama, Hamid Ansari bertemu dengan pimpinan MPR di Gedung Nusantara V.

  Usai pertemuan, Ketua MPR Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa mereka sepakat untuk memperbanyak kunjungan antara dua negara. Kunjungan itu untuk memperkuat hubungan.  

  "Parlemen India ke sini lebih sering, kita ke sana lebih sering. Bukan jalan-jalan tapi jalin hubungan lebih kuat. Menjembatani hubungan masyarakat India dan Indonesia," ucap Zulkifli.

  Pertemuan yang dihadiri oleh pimpinan MPR lainnya yaitu Oesman Sapta, Mahyudin, Hidayat Nur Wahid, dan EE Mangindaan itu juga menyinggung soal impor. Selain itu, mereka juga bicara tentang budaya dan demokrasi.

  "Tentang bagaimana demokrasi di India dan Indonesia, mirip walau agak beda. Bicara soal budaya juga agar lebih kuat," ucapnya.

  Setelah bertemu pimpinan MPR, Hamid Ansari kemudian menemui Ketua DPD Irman Gusman. Dalam pertemuan tertutup, Irman menuturkan mereka bicara cara mengakselerasi kerjasama antara kedua negara.

  Di India, Hamid Ansari selaku wapres juga menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi atau Rayja Sabha yang mirip dengan DPD di Indonesia. Pembicaraan juga berfokus di bidang demokrasi dan budaya.

  "Kedua negara punya persamaan cukup banyak, persamaan soal demokrasi yang cukup besar, sama-sama negara G20. Termasuk yang punya hubungan sangat dalam di bidang kebudayaan,"  jelas Irman yang didampingi Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad dan anggota DPD lainnya.

  "Dua negara harus bangun kerjasama lebih erat," tutupnya. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!