BLH Meranti Rancang Limbah Sagu Menjadi Pakan Ternak

MERANTI : RIAUNET.COM ~ Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Kepulauan Meranti bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pusat bekerja sama untuk merancang limbah sagu baik repu (ampas) dan uyung (kulit) sagu yang rencananya akan di olah menjadi energi biomasa dan pakan ternak.

Kepala BLH Kepulauan Meranti, H Irmansyah, Jumat (20/11/2015) mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki 65 kilang sagu yang tersebar di kecamatan- kecamatan yang mana limbah sagu tersebut dibiarkan mengalir mengikuti arus sungai  yang jika di biarkan akan membunuh ekosistem di sekitar lingkungannya.

"Irmansyah mengatakan, kilang sagu yang ada di Kepulauan Meranti ini tentu  menjadi tonggak dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Meranti jika  limbah tidak dibuang sembarangan, namun dimanfaatkan dan tentunya menjaga lingkungan dari pencemaran.

"Dijelaskannya, limbah hasil pengolahan sagu mengandung zat asam yang sangat berbahaya bagi biota laut, sehingga menyebabkan ikan susah bernafas,

"Jika masyarakat dapat mengolah hasil limbah sagu ini menjadi sesuatu yang bermanfaat, tentu tidak akan berdampak buruk bagi ekosistem dan biota laut. Saat ini kita sedang bekerjasama dengan BPPT pusat untuk uji coba pengolahan limbah sagu menjadi sumber energi biomasa, juga makanan ternak. Dan mereka sudah dua kali turun untuk survei di kilang sagu milik Amirudin di Desa Tanjung kecamatan Tebing Tinggi Barat," kata Irman.

Dia juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2016 mendatang sudah ada hasilnya. Mereka juga akan merancang alat pengolah limbah sagu sederhana efesien dan mudah di buat. Yang nanti akan di uji coba langsung di kilang-kilang sagu,"katanya (Hws).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!