DPR Masukkan Revisi UU KPK ke Prolegnas 2016

Jakarta~DPR saat ini masih menyusun daftar RUU yang akan masuk ke program legislasi nasional (Prolegnas) 2016. Salah satu yang akan dimasukkan adalah revisi UU KPK yang pembahasannya sudah ditunda.

  "RUU yang perlu dimasukkan di dalam prioritas Prolegnas 2016, antara lain RUU tentang Perubahan UU tentang Komisi Pemberantasan Tidak Korupsi," kata Ketua DPR Setya Novanto dalam pidato pembukaan masa sidang saat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2015).

  Selain Revisi UU KPK, DPR juga mendorong RUU Tax Amnesty yang sempat ramai disebut sebagai 'RUU Pengampunan Koruptor', RUU Radio Televisi Republik Indonesia (RTRI), RUU tentang Pemilihan Umum serta RUU tentang Partai Politik. Novanto meminta Badan Legislasi (Baleg) untuk menyelesaikan pembahasan Prolegnas 2016 yang sudah melewati jadwal.

  "Pimpinan DPR mengingatkan Badan Legislasi untuk segera melakukan pembahasan prioritas Prolegnas 2016 bersama pemerintah," ungkapnya.

  Masa sidang II ini akan berlangsung satu bulan yaitu mulai hari ini hingga 18 Desember 2015. Dia mengingatkan bahwa masih ada setumpuk RUU yang belum selesai dibahas.

  Ada RUU masih yang dalam tahap penyusunan, ada pula yang masuk dalam tahap harmonisasi. Selain itu, Novanto mengungkapkan bahwa ada sejumlah RUU yang akan dikebut.

  "DPR juga akan mempercepat proses pembahasan atas RUU tentang Merek, RUU tentang Paten, RUU tentang Minuman Beralkohol, RUU tentang Tabungan Perumahan Rakyat, dan RUU tentang KUHP," ujarnya.

  Prolegnas seharusnya sudah diketok di masa sidang lalu sebelum APBN 2016 disahkan. Namun, rapat bersama pemerintah baru akan dijalani Baleg esok hari untuk rencananya disahkan pekan depan.

  Di masa sidang yang lalu, pimpinan DPR dan Presiden Joko Widodo sudah menyepakati penundaan revisi UU KPK melalui rapat konsultasi pada Selasa (13/10). Penundaan dilakukan setelah rencana revisi menimbulkan pro dan kontra. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!