Dukung SE Hate Speech, Fadli Zon Ungkit Soal Fotonya Diedit Di Sosmed

Jakarta~Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menerbitkan Surat Edaran soal penindakan untuk hate speech atau ujaran kebencian di media sosial. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung penerbitan SE tersebut, namun bukan berarti tidak boleh mengkritik.

  "Saya kira maksudnya baik mau mengontrol berbagai macam isu di sosial media atau media lain. Tapi harus dipisahkan antara fintah dan kritik. Kalau kritik bebas, yang tidak boleh fitnah," ucap Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

  Apalagi kata Fadli, DPR mengkritik pemerintah dalam konteks pengawasan adalah amanat konstitusi, yang tidak boleh adalah memfitnah Presiden. "Kalau misalkan kita kritik Presiden ke Amerika, itu kritik," ujar politisi Gerindra itu.

  Tak hanya itu, Fadli juga mengingatkan Surat Edaran itu jangan sampai jadi alat politik untuk membungkam suara masyarakat. Polisi bisa saja menindak jika substansinya fitnah, tapi tidak bisa jika berupa kritik.

  "Terutama di sosmed banyak akun palsu, orang bisa seenaknya bikin gambar tidak pantas dan tidak senonoh atau lakukan fitnahan. Kalau kritik tak masalah, kritik itu menyehatkan demokrasi," tuturnya.

  "Tapi kalau misalnya hasil editan kayak saya diedit, saya juga baca. Foto kebakaran hutan (disebut) di studio, dari mana wong saya di sana. Itu fitnah saya bisa tuntut kalau mau," imbuh Fadli yang juga aktif di sosmed itu. Memang sempat beredar gambar editan terkait kunjungan Fadli Zon ke daerah hutan yang terbakar. Foto editan itu menunjukkan seolah-olah Fadli membuat itu di dalam studio dengan green screen.

  "Ya kita tidak ingin ada pendekatan security approach seperti di masa lalu. Jadi penegakan hukum secara normatif saja kita dukung," tegas politisi asal dapil Bogor itu. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!