Harga Terus Merosot, Petani Karet Di Kepulauan Meranti Menjerit



MERANTI : RIAUNET.COM ~ Harga karet di Kabupaten Kepulauan Meranti, sangat rendah. Untuk 1kg karet yang belum diolah hanya dihargai Rp3,5 ribu. 
Hal itu diungkapkan Irvan, salah seorang petani karet di Desa Bagan melibur Kecamatan Merbau,Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (19/11/2015) mengatakan, harga karet dibeli murah oleh pengepul (tukang ojol). Dimana, 1kg hanya dihargai Rp3,5 ribu.

Irvan mengolah kebun orang lain seluas 1 Ha. Untuk 1 Ha,hasil bagi tiga satu untuk orang punya kebun dan dua untuk saya dan hasil untuk satu Ha iti lebih kurang 10kg," katanya.

"Kalau bersih untuk saya lebih kurang 6.7kg. itu pun bukan dapat kerja satu hari apalagi musim hujan.

Tambah Irvan lagi, dapat segitu pun kita harus menggunakan obat untuk memperbanyak susu atau hasil getah. 

"Kalau tak pakai obat hasilnya paling 5kg perdua hari. Itu sangat kecil hasilnya, belum lagi musim hujan seperti sekarang. Kita tidak bisa bekerja sama sekali," jelas irvan.

Untuk itu, Ia juga berharap pemerintah daerah bisa mencarikan solusi agar hasil karet ini bisa dijual dengan harga tinggi.

"Kalau bisa samakan harga karet dengan harga beras untuk tiap kilogram nya itu udah senang lah tak seperti sekarang ," harap Irvan (Hws).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!