Ini Menurut Anggota DPRD Komisi II Akan Memasuki Musim Masyarakat Ekonomi Asean

PEKANBARU : RIAUNET.COM ~ Pada 2016 mendatang, Indonesia akan memasuki musim Masyarakat Ekonimi Asean (MEA). Untuk menghadapi hal tersebut, Indonesia harus melakukan berbagai langkah strategis untuk menghadapi pasar bebas tersebut.

Menurut anggota Komisi II DPRD Pekanbaru Roem Diani Dewi, mengatakan, bahwa di Pekanbaru sendiri saat ini yang perlu didorong adalah dari sisi Usaha kecil dan Menengah (UKM).

"Gunanya untuk meningkatkan mutu produk dan sumber daya manusia (SDM), supaya produk unggulan daerah punya nilai jual, baik secara nasional maupun internasional," katanya. Kamis (12/11/2015).

Pekanbaru sendiri menurutnya memiliki segudang produk unggulan yang khas, mulai dari segi pangan maupun industri.

"Kalau segi pangan, Pekanbaru memiliki makanan lempuk durian, kue bangkit dan sebagainya. Sementara itu, dari segi industri, Bumi Lancang Kuning punya kain songket Melayu yang bisa bersaing," terangnya.

Maka dari itu, dalam menghadapi MEA ini selain meningkatkan produk juga diperlukan pengembangan kreativitas dan peningkatan pembinaan terhadap pelaku UKM 

"Untuk itu, agar produk daerah bisa tembus ke pasar internasional, produk tersebut harus dikemas dalam kemasan yang menarik, higienis, serta berlabel halal sehingga bisa diekspor ke negara lain," tutup politisi PKS tersebut. (Fin)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!