ISIS Sebut Bom Kaleng Soda Jatuhkan Pesawat Maskapai Rusia

Kairo~Militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) menyebut bom kaleng minuman soda Schweppes telah menjatuhkan pesawat maskapai Rusia, Metrojet. Majalah resmi ISIS bahkan menampilkan foto bom rakitan itu.

  Foto dalam majalah ISIS itu menunjukkan sebuah botol minuman soda Schweppes Gold dan di sebelahnya tampak sebuah detonator serta sakelar. Ketiga komponen ini, jika memang benar, menjadi penyebab jatuhnya pesawat yang membawa 224 orang pada 31 Oktober lalu.

  "Pasukan salib yang terbelah antara Timur dan Barat berpikir mereka aman di dalam pesawat ketika mereka membombardir muslim di wilayah khalifah," demikian sebut majalah ISIS yang berbahasa Inggris, Dabiq, merujuk pada Rusia dan negara-negara Barat lainnya, seperti dilansir Reuters, Kamis (19/11/2015).

  "Dan pembalasan dendam dilakukan terhadap mereka yang merasa aman di dalam kokpit," imbuh majalah tersebut.

  Pemerintah negara-negara Barat meyakini pesawat jenis Airbus A-321 yang dioperasikan maskapai Metrojet itu dijatuhkan oleh bom. Pada Selasa (17/11), otoritas Rusia mengungkapkan kesimpulannya yang meyakini bom memang menjatuhkan pesawat itu. Sedangkan pemerintah Mesir masih belum menemukan bukti adanya tindak kriminal dalam tragedi itu.

  Secara terpisah, pakar peledak menyatakan bom rakitan dalam foto majalah Dabiq itu dimungkinkan untuk menjatuhkan sebuah pesawat, tergantung di lokasi mana bom itu diletakkan dan kepadatan bahan peledak yang ada di dalam kaleng minuman soda itu.

  Lokasi yang paling rapuh, menurut pakar itu, ialah di jalur bahan bakar, kemudian di kokpit dan di lokasi lain yang dekat dengan kerangka luar badan pesawat. "Penempatan (bom) merupakan hal krusial," ucap Jimmie Oxley, profesor kimia yang mengkhususkan pada bahan peledak dari University of Rhode Island.

  Sedangkan profesor dari Pusat Hukum Keamanan dan Militer Australian National University, Clive Williams menyebut penggunaan bom kaleng soda memicu pertanyaan apakah bom itu diselundupkan ke suplai katering pesawat. Schweppes merupakan minuman bersoda yang diproduksi di Jenewa, Swiss dan dijual di seluruh dunia.

  Beberapa pakar lainnya menambahkan, foto bom kaleng soda itu bisa menjadi petunjuk penting untuk melacak ISIS dengan menganalisis gambar detonator yang digunakan kelompok itu dan melacak ke pabrik pembuatnya. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!