Kabar Gembira ,UMK kota Dumai Akan Naik Pada 2016

DUMAI : RIAUNET.COM ~ Ketua Dewan Pengupahan Kota Dumai Syamsuddin memprediksi besaran upah minimum tahun 2016 daerah ini akan naik jadi Rp2,4 juta dari angka UMK 2015 sebesar Rp2,2 juta.

Dia menjelaskan, dalam rapat pembahasan UMK 2016, DPK Dumai mengacu pada PP nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan dipastikan sejauh ini masih dalam keadaan kondusif.

"Angka UMK 2016 diprediksi naik mencapai Rp2,4 juta namun ini masih wacana dan belum diputuskan dalam rapat dewan pengupahan kota," katanya Senin (9/11/2015).

Prediksi kenaikan angka UMK ini, lanjut dia, berdasarkan kondisi riil perekonomian dan inflasi daerah serta mengacu pada penetapan kebutuhan hidup layak (KHL) 2015 sebesar Rp2,5 juta.

Menurutnya, pembahasan UMK dengan berpedoman PP Pengupahan sejauh ini masih dapat diterima oleh kalangan serikat buruh dan perusahaan yang terlibat dalam DPK.

Dewan pengupahan akan menjadwalkan kembali rapat bersama pembahasan UMK untuk memutuskan besaran upah yang akan diusulkan ke Pemerintah Provinsi Riau agar disetujui gubernur. 

"Penetapan angka UMK diberi waktu hingga 21 November untuk daerah, karena itu dewan pengupahan Dumai akan secepatnya memutuskan besaran upah ini agar tepat waktu," jelas pejabat Asisten II Pemerintah Kota Dumai ini.

Sebelumnya, Ketua DPC KSPSI Dumai Nurdin Buddin menilai penerapan PP Pengupahan dalam rapat pembahasan UMK bisa dilakukan asal sesuai dengan kondisi daerah dan riil kehidupan buruh.

Disamping itu, berharap agar penerapan PP pengupahan bisa disesuaikan dengan aspirasi buruh yang menginginkan adanya kenaikan upah dengan pertimbangan kondisi ekonomi saat ini.

"Kita akan lihat apakah kebijakan pengupahan ini justru menguntungkan atau malah merugikan buruh, dan diharapkan upah 2016 bisa naik dibanding sebelumnya," tutupnya. (Hws)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!