Kajari Rohul : Kepala Desa Harus Berhati-Hati mengelola Dana Desa

Rokan Hulu : RIAUNET.COM ~Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasir Pengaraian kabupaten Rokan hulu Syafiruddin menghimbau, agar kepala desa dan perangkatnya untuk berhati-hati dalam mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah mulai digelontorkan tahun 2015 ini. 

Kajari juga meminta Pemkab Rohul memberikan sosialisasi pengelolaan anggaran desa kepada 147 Desa di Rohul ,"katanya. 

Menurutnya, Desa-desa masih minim pengetahuan tentang pengelolaan anggaran yang baik dan benar. Sehingga rawan akan timbulnya masalah, seperti korupsi ataupun  konflik sosial,"ujar Syafiruddin.. 

Dia menjelaskan, pengelolaan anggaran Dana Desa memerlukan laporan setiap ada pengeluaran keuangan secara rinci dan disertai bukti-bukti yang sah. Termasuk kewajiban membayar pajak penghasilan negara dan sebagainya. 

Laporan keuangan dengan pekerjaan yang ingin dicapai harus sesuai. Jika ternyata laporan tidak sesuai, atau ada kesalahan sedikit saja dalam membuat laporan, maka Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bisa menganggap ada dugaan penyelewengan keuangan negara.  

“Akibatnya kepala desa maupun perangkatnya bisa terjerat hukum akibat adanya laporan pengelolaan anggaran yang tidak benar. Jadi memang sangat diperlukan sosialisasi pengelolaan anggaran ini ke tiap-tiap desa,"jelasnya. 

Menurutnya, jika memang ada dugaan pidana korupi, maka pelakunya bisa terancam pidana penjara minimal empat tahun penjara dan denda minimal Rp 50 juta. Sebab merugikan keuangan negara, bisa dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 Undang-undang (UU) nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi. 

Untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan, Kajari meminta kepala desa dan perangkatnya untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian,  pengelolaan keuangan dan pengadaan barang/jasa di pemerintahan. 

"Hal itu agar kepala dan perangkat desa bisa siap mengelola keuangan dan bantuan dari APBN dan APBD," tandasnya (Fah).

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!