Kota Rengat Raih Sertifikat Adipura 2015

INHU : RIAUNET.COM ~ Kota Rengat, ibukota Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berhasil meraih penghargaan sertifikat Adipura Tahun 2015 kategori kota kecil dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

  Penghargaan bergengsi ini diraih Kota Rengat karena dinilai mampu meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan tahun 2014-2015.

  Penghargaan sertifikat Adipura Tahun 2015 diberikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar, MSc kepada Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin, Senin (23/11/2015) malam di Hotel Bidakara, Jakarta.

  Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para Bupati dan Walikota penerima penghargaan Piala Adipura, Plakat Adipura dan Sertifikat Adipura dari seluruh Indonesia.

  Dalam pelaksanaan penilaian Adipura 2014-2015 ini, tim penilai memantau 357 kota dan ibukota kabupaten di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 3 kota meraih Adipura Kencana, 65 kota meraih Anugerah Adipura terdiri dari 5 kota kategori metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 25 kota sedang dan 32 kota kategori kota kecil.

  Kemudian Sertifikat Adipura diberikan kepada 69 kota terdiri dari 1 kota kategori metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 18 kota kategori sedang dan 47 kota kategori kota kecil. Sedangkan Plakat Adipura diberikan untuk 17 kota.

  Di Provinsi Riau, hanya ada empat kota yang meraih Sertifikat Adipura Tahun 2015 yakni Kota Rengat ibukota Kabupaten Inhu, Taluk Kuantan ibukota Kuantan Singingi, Pangkalan Kerinci ibukota Pelalawan dan Pasir Pangaraian ibukota Rokan Hulu. Sedangkan Siak meraih Plakat Adipura Tahun 2015.

  Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Inhu, Moch Bayu Setia Budiono mengungkapkan, bahwa Adipura merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan Kementrian Lingkungan Hidup kepada kota di Indonesia yang dianggap berhasil dalam penatakelolaan lingkungan.

  “Kota Rengat memperoleh sertifikat Adipura Tahun 2015 ini karena dinilai mampu meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup dibanding tahun sebelumnya.

  Dan ini merupakan kerja keras bersama tim Adipura Kabupaten Inhu,” ujarnya disela-sela mendampingi Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin di Jakarta.

  Menurut Moch Bayu, ada beberapa aspek penilaian Adipura yang membuat Kota Rengat, ibukota Kabupaten Inhu berhasil meraih Sertifikat Adipura. Diantaranya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang telah melakukan komposting. Selain itu, perbaikan pada jalan arteri serta peningkatan sarana, fasiltas dan keberhasilan pasar ,"katanya.

  Sementara itu, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin mengucapkan terimakasih kepada tim Adipura dan masyarakat Inhu yang telah bersama-sama melakukan sejumlah pembenahan dan peningkatan dalam tata kelola lingkungan.

  "Ini pencapaian yang baik menuju Piala Adipura. Penghargaan ini sekaligus membuktikan bahwa tata kelola lingkungan mengalami peningkatan,” ungkapnya.

  Penjabat Bupati berharap penghargaan Sertifikat Adipura Tahun 2015 ini mampu menjadi motivasi bagi tim adipura dan masyarakat untuk terus bekerja dan saling bahu-membahu sehingga kedepannya mampu meraih piala Adipura.

  “Piala Adipura hanya bisa terwujud jika semua pihak bersama-sama menjaga daerah dan terus memperbaiki pengelolaan lingkungan,” jelasnya. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!