[OPINI] Polemik Freeport Indonesia : Itu Pengalihan Issu Lama Saja

PEKANBARU : RIAUNET.COM ~ Polemik yang terjadi dalam kasus PT. Freeport Indonesia yang akhir-akhir ini selalu disuguhkan media membuat masyarakat sedikit terlupa dengan kasus yang lebih dulu terjadi. 

Kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden ini menjadi issu hangat yang tidak ada hentinya dibahas di media kita. Saya melihat ini adalah cara pemerintah untuk menutup atau mengalihkan issu-issu miring yang menerpa pemerintahan Jokowi-JK yang akhir-akhir ini terjadi. 

Kasus Pelindo II yang diisukan melibatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kemudian kasus Gubernur Sumatera Utara yang diprediksi juga menjerat Surya Paloh telah membuat risih kelompok lingkaran penguasa pemerintahan.

Bayangkan saja, kasus ini sebenarnya sudah terjadi hampir setengah tahun yang lalu (8/06/2015) namun baru saat ini dilaporkan oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Pertanyaannya kenapa baru sekarang? Kenapa tidak waktu itu langsung dilaporkan? Menurut saya jawabannya adalah "Ini Hanya Peemainan Issu Saja".

Dalam dunia issu, prinsipnya adalah issu lama akan selalu hilang dengan adanya issu baru yang lebih hangat. Nah, saya fikir elit-elit pemerintahan sekarang sedang menerapkan prinsip issu tersebut.
Kita harus mengingati, harus belajar dari masalalu. Permainan issu semacam ini kerap saja terjadi dalam pemerintahan kita.

Dan memang terbukti cukup ampuh untuk mengalihkan issu. Jadi, kita jangan heran ketika nanti issu-issu terkait Pelindo II dan issu-issu terkait Gubernur Sumatera Utara yang diindikasikan melibatkan banyak elit-elit pusat akan hilang tertutupi oleh polemik Freeport.

Beginilah trik mereka untuk menutupi kesalahan yang menjerat mereka. Saya selalu berkata, seorang penjahat akan mencari pembenaran dengan mencari orang yang jahat juga. Inilah yang saya lihat sedang dilakukan oleh para elit penguasa negara kita saat ini. Untuk menutupi kejahatan mereka, mereka harus mencari kejahatan orang lain agar kejahatan mereka sedikit tertutupi (setidaknya tidak hanya mereka yang dibahas di media).

Coba saja perhatikan media-media kita saat ini, masih adakah yang membahas terkait dengan Pelindo II atau Kasus Gubernur Sumatera Utara? Rasa-rasanya tidak ada lagi. Kalaupun ada itu hanya sekilas saja. Yang jelas yang menjadi hot news saat ini selalu saja Freeport.
Hmmm... Nasiiiib-nasib!.


Kapan negara ini akan berhenti dari sandiwara belaka? Kapan negara ini akan berhenti dari permainan drama? Kapan negara ini akan benar-benar menyelesaikan masalah? Entahlah!

Penulis : SORi
Tanggal : 24 November 2015

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!