[OPINI] Strategi Pemenuhan Beras Nasional

PEKANBARU  : RIAUNET.COM ~ Sebagai negara agraris sungguh aneh rasanya kalau indonesia pada hari ini masih juga melakukan impor beras untuk pemenuhan kebutuhan nasional kita. 

Ini seharusnya tidak boleh terjadi mengingat selain negara kita yang amat subur, luas wilayah lahan juga sebenarnya indonesia masih sangat memadai.

Baru-baru ini pemerintah melakukan impor beras dengan alasan sebagai cadangan beras negara. Saya memandang semestinya hal ini tidak terjadi kalau pemerintah mau benar-benar memperhatikan sektor pertanian nasional.

Saya memandang kekurangan beras kita selama ini adalah kurang perhatiannya pemerintah terhadap pertanian nasional khususnya kepada para petani. Pemerintah terlihat sepertinya lepas tangan dengan permasalahan para petani yang terjadi selama ini.

Petani khususnya para petani padi merasa dengan bertani mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Maka lambat laun mereka (para petani) beralih pekerjaan ke sektor lain yang lebih menjanjikan bagi perekonomian kehidupan mereka. Seharusnya ini bisa diatasi jika pemerintah peka terhadap persoalan seperti ini.

Saya menyarankan kepada pemerintah agar tidak melepaskan para petani begitu saja. Pemerintah menurut saya harus mau mengembalikan paradigma bahwa sebagai negara agraris sektor pertanian adalah sesuatu yang sangat menjanjikan di negeri ini. Tidak boleh paradigma yang menyatakan pertanian itu tidak menjanjikan dibiarkan begitu saja.

Menurut saya, stategi yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mengembalikan gairah bertani (khususnya tani padi) bagi masyarakat adalah dengan terjun langsung dalam sektor ini. Pemerintah harus berani membuat perusahaan yang bergerak dalam sektor pertanian padi. Dulu pada zaman orde baru, pemerintah membuat perusahaan negara yang bergerak dalam bidang perkebunan yaitu Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN). Dengan pengalaman seperti itu saya merasa sudah sewajarnya pemerintah berani melakukan hal yang sama untuk terjun langsung dalam sektor pertanian (khususnya pertanian padi).


Dengan startegi seperti itu, saya melihat ada sedikit masa depan yang lebih cerah bagi bangsa ini khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan beras nasional. Saya melihat dengan adanya perusahaan negara yang bergerak dalam pertanian seperti ini akan dapat memenuhi kebutuhan beras kita. Kalau sudah demikian, itu artinya kita akan berhenti bergantung dengan beras impor.

Selain dalam hal pemenuhan kebutuhan beras nasional, saya juga melihat keuntungan lain dari strategi ini adalah akan memberikan kesempatan kerja bagi para pengangguran di negara kita. Ini tentunya akan menjadi sebuah solusi bagi pemerintah untuk menangani banyaknya pengangguran di negara ini.

Semoga dengan semua ini kedepannya kita akan lebih baik. Akan bisa menghentikan ketergantungan impor yang tentunya sangat menguntungkan bagi negara kita.

Penulis : SORi
Tanggal : 22 November 2015

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!