Pemerintah Berikan Rp 50 Juta Setahun Sekali Kepada Keluarga Pahlawan

Jakarta~Presiden Joko Widodo hari ini menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh. Apa yang didapat dari pemberian gelar oleh pemerintah ini?

  Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dengan pemberian gelar ini diharapkan bisa memacu generasi muda untuk meneruskan sikap luhur dari sang pahlawan. Para Pahlawan Nasional ini juga tergabung dalam satu wadah.

  "Di negeri ini ada Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI), bagaimana didesiminasi nilai-nilai perjuangan, keteladanan, pengorbanan, itu diturunkan oleh para pahlawan bisa disosilisaikan, didesiminasikan pada generasi penerusnya," kata Khofifah saat ditemui usai pemberian gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (5/11/2015).

  Selain itu, pemerintah akan memberikan bantuan berupa uang kepada pihak keluarga. Nilai yang diberikan sebesar Rp 50 juta. Namun bantuan itu hanya terbatas sampai generasi kedua dari sang pahlawan.

  "Sampai kepada putera atau puteri pahlawan itu ada semacam tali asih dari pemerintah. Jadi tali asih itu diberikan sekali dalam setahun Rp 50 juta. Mulai tahun ini. Kalau tahun dulu hanya Rp 22.500.000. Jadi tahun ini tali asihnya diberikan sekali dalam setahun senilai Rp 50 juta sampai kepada generasi keduanya saja," jelas Khofifah.

  Hari ini, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada lima tokoh. Lima orang ini dianggap berjasa dalam usahanya memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

  Pemberian gelar tersebut sesuai dengan Keppres No 116/TK/Tahun 2015 tanggal 4 November 2015. Berikut nama-nama yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional itu:

  1. Almarhum Bernard Wilhelm Lapian (Tokoh Provinsi Sulawesi Utara)
2. Almarhum Mas Isman (Tokoh Provinsi Jawa Timur)
  3. Almarhum Komjen (Pol) Dr H Moehammad Jasin (Tokoh Jawa Timur)
  4. Almarhum I Gusti Ngurah Made Agung (Tokoh Provinsi Bali)
  5. Almarhum Ki Bagus Hadikusumo (Tokoh Provinsi Yogyakarta) (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!