Penjabat Bupati Inhu Buka Sosialisasi TP4D

INHU : RIAUNET.COM ~ Penjabat Bupati Indragiri Hulu H Kasiarudin membuka serangkaian kegiatan yang digelar di Aula Bappeda dan Litbang Inhu, Rabu (18/11/2015).

  Diawali dengan pelaksanaan Sosialisasi Pengamanan dan Pengawasan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Inhu yang diselenggarakan oleh Kejari Rengat, Penjelasan Rencana Aksi Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual dan dilanjutkan Penandatanganan Pakta Integritas dan Restatement (Penyusunan Kembali) laporan Keuangan Tahun 2014 berbasis akrual.

  Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kajari Rengat Teuku Rahman, Plt Sekda Isdjarwadi, Kadis, Kaban, Kakan di lingkungan Pemda Kab. Inhu, Camat se Inhu serta para bendahara dari setiap SKPD.

  Mengawali kegiatan tersebut, Kepala Bappeda dan Litbang Inhu Junaedi Rahmat bersama Plt Sekda Isdjarwadi melakukan penandatanganan pakta Integritas dengan disaksikan langsung oleh Penjabat Bupati H Kasiarudin beserta para pejabat yang hadir.

  Terkait dengan pelaksanaan kegiatan Penjelasan Rencana Aksi Penerapan Standar Akuntansi Berbasis Akrual dan Restatement (Penyusunan Kembali) laporan Keuangan Tahun 2014 berbasis akrual.

  Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin menyampaikan bahwa penerapan SAP berbasis akrual ini dilakukan berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 dan Permendagri Nomor 64 Tahun 2013, dimana pemerintah daerah harus sudah menerapkan basis akrual pada pengelolaan keuangan paling lambat tahun 2015.

  Karena itu, Penjabat Bupati Inhu mengharapkan kepada seluruh peserta yang notabene para bendahara dari setiap SKPD dapat memahami secara benar terkait penerapan sistem keuangan ini ,"jelasnya.

  Selain itu, ia juga berharap setiap kepala SKPD dapat memonitoring dan mengawasi kinerja para pegawainya dalam melakukan pengadministrasian  keuangan maupun barang daerah, agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel dapat tercapai dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan  yang baik ,"ujarnya.

  Selanjutnya rapat evaluasi pembangunan dipimpin langsung oleh , Plt Sekda Isdjarwadi yang didampingi oleh Kabag Pembangunan serta Kabag  Keuangan Setda Kab. Inhu.

  Dimana pada akhir rapat tersebut diketahui bahwa penyerapan APBD tahun 2015 telah mencapai 65 % dan ditargetkan pada akhir tahun 2015 dapat mencapai 95 %. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!