PJ BUPATI INHU BUKA PELAKSANAAN FESTIVAL PERMAINAN TRADISIONAL PELAJAR

INHU : RIAUNET.COM ~ Keceriaan serta semangat ditunjukkan para pelajar saat ikut serta dalam gelaran Festival Permainan Tradisional yang diselenggarakan Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Indragiri Hulu (Inhu) bersama Forum Anak Indragiri yang digelar di halaman SD 019 Kampung Besar Rengat, Sabtu (21/11/2015).

  Pelaksanaan festival ini sendiri dibuka secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH dengan didampingi anggota DPRD Inhu Drs. Ahmad Arif Ramli, Kepala Kantor BP3AKB Inhu Ir. Feni Darius, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Inhu H. M. Sadar serta Kepala Sekolah SD 019 A. Muis, M.Pd.

  Ketua Forum Anak Indragiri Indra Juliawan menjelaskan, bahwa pelaksanaan festival ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2015 sekaligus sebagai respon untuk melestarikan kembali berbagai permainan tradisional yang saat ini mulai terlupakan .

  Dalam festival permainan tradisional ini sendiri, diikuti sebanyak 445 pelajar mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, SD, SMP hingga SMA se Inhu dengan memperlombakan sejumlah permainan tradisional diantaranya congklak, ligu, patok Lele, kreatifitas membuat layang-layang dan gasing, lomba lari Tempurung, ketrampilan dari barang bekas serta menggambar dan mewarnai ,"katanya.

  Kepala Sekolah SD 019 Kampung Besar Rengat A. Muis menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Inhu atas penyelenggaraan festival ini yang diharapkan mampu memunculkan kembali semangat para anak-anak untuk melestarikan permainan tradisional ,"ujarnya.

  Sementara itu, Pj Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH begitu sangat mengapresiasi penyelenggaraan festival ini. Bahkan, bila perlu ia mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat diadakan tiga kali dalam setiap tahunnya.

  Secara fakta, saat ini permainan tradisional anak seakan mulai ditinggalkan dengan adanya permainan-permainan modern. Padahal dalam permainan tradisional itu, terkandung nilai-nilai luhur yang menjadi ciri khas kita sebagai orang timur yang kental dengan persaudaraan, kerja sama serta sifat tolong menolong dan saling menghormati ,"jelasnya.

  Diharapkan melalui kegiatan ini mampu menjadi ajang bagi anak-anak Inhu untuk berkreasi mencurahkan kemampuan dan kreatifitas yang dimiliki dalam berkarya dan bermain.

  Selain itu, dihimbau kepada para orang tua dan pelajar, untuk mampu membentengi diri dengan nilai-nilai agama ditengah era keterbukaan informasi dan globalisasi agar tidak terpengaruh atas dampak negatif dengan kemajuan teknologinya ,"tutupnya.

  Usai membuka secara resmi pelaksanaan festival tersebut, Pj Bupati H. Kasiarudin, SH juga melakukan peninjauan sejumlah lomba lomba yang digelar. Pj Bupati juga begitu antusias ketika mencoba sejumlah permainan tradisional diantaranya patok lele dan congklak yang menjadi salah satu permainan yang dilombakan pada festival permainan tradisonal tersebut. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!