PJ BUPATI INHU PIMPIN RAPAT ANTISIPASI BENCANA BANJIR

INHU : RIAUNET.COM ~ Usai memimpin jalannya rapat forkopimda terkait pilkada 2015, Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH kembali memimpin jalannya rapat terkait Antisipasi Banjir bersama Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, Senin (30/11/2015).

  Dalam rapat tersebut dihadiri Ketua DPRD Inhu Miswanto, perwakilan Kodim 0302 Inhu dan Polres Inhu, Plt Sekda Isjawardi, Kepala Kantor, Kepala Bagian serta para camat se Inhu tersebut, beberapa agenda yang terkait dengan antisipasi serta usaha penanggulangan dampak banjir yang setiap tahunnya terjadi di beberapa lokasi yang ada di kabupaten Inhu.

  Mengawali pelaksanaan rapat tersebut, Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu Arifwan menyampaikan berbagai program kerja yang menjadi prioritas.

  Ia juga menjelaskan bahwa dari 14 kecamatan yang ada di Inhu, hanya satu kecamatan yaitu Lubuk batu Jaya yang merupakan daerah yang tidak terindikasi terkena dampak banjir.

  Sedangkan bagi empat kecamatan lainnya yaitu Kuala Cenaku, Rengat, Rengat Barat dan Sungai lala menjadi kecamatan yang dikategorikan sangat rawan terkena banjir ,"jelas Arif.

  Sebagai bentuk kesiagaan, Arifwan menjelaskan ada beberapa hal yang telah dilakukan pihaknya, diantaranya mengirimkan edaran kepada masyarakat melalui kecamatan untuk melakukan antisipasi dan pencegahan bencana banjir, melakukan koordinasi dan sosialisasi dengan kecamatan yang rawan banjir untuk memetakan desa-desa yang rawan banjir ,"sebutnya.

  Selain itu, Arifwan juga berharap kepada pihak kecamatan agar dapat menyiapkan lokasi sebagai tempat evakuasi bagi warga yang terkena dampak bencana banjir. Sedangkan terkait dengan pendistribusian logistik, pihaknya akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait dalam hal ini Dinas Sosial Inhu," ujarnya.

  Ia mengharapkan juga kepada beberapa dinas terkait, agar dalam pembangunan sejumlah infrastruktur baik jalan maupun bangunan gedung, dapat berkoordinasi bersama pihak KPBD guna menentukan standar ketinggian bangunan sesuai dasar tingginya debit air ,"tandasnya.

  Dari berbagai pemaparan yang telah disampaikan, Plt Sekda Isdjarwadi menghimbau agar pihak KPBD dapat berkoordinasi bersama tim dari pihak Kodim untuk bekerjasama dalam usaha penanggulangan bencana banjir, memfungsikan sejumlah posko yang telah ada serta berkoordinasi bersama pihak terkait agar dalam penyaluran bantuan dapat secara langsung dilakukan pada saat bencana datang ,"ujar Plt sekda.

  Sementara itu, diakhir rapat Pj Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH mendukung penuh segala rencana serta program yang telah disampaikan, sekaligus memberikan beberapa arahan sebagai bentuk usaha penanggulangan jangka pendek diantaranya pembentukan tim pengorganisasian terkait kondisi kelengkapan alat serta komunikasi yang terus dilakukan antara pihak KPBD bersama kecamatan, penyediaan sarana MCK berjalan.

  Selain itu, sebagai solusi jangka panjang, terkait normalisasi aliran sungai, Pj Bupati juga menghimbau agar pihak kecamatan dapat mensosialisasikan kepada warganya agar mengaktifkan dan membersihkan kanal-kanal dibeberapa wilayah lahan gambut, sehingga debit air dapat terbagi secara normal.

  "Menanggapi berbagi keluhan dari masyarakat akan adanya wabah nyamuk setelah banjir, Pj Bupati menghimbau agar kebersihan lingkungan setelah banjir tetap dijaga untuk meminimalisir perkembangbiakan nyamuk yang sejauh memberikan dampak kerugian bagi masyarakat khususnya peternak ,"terangnya. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!