Sudah Masyarakat Bengkalis-Bantan Tolak PT RRL

BENGKALIS : RIAUNET.COM ~Sejumlah anggota DPRD Bengkalis menyatukan suara menolak rencana pembukaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di pulau Bengkalis oleh PT Rokan Rimba Lestari (RRL),Mereka bahkan siap berada di barisan terdepan bersama masyarakat.

Hal ini ketika ketua DPRD kabupaten Bengkalis H Heru Wahyudi dan wakil serta Anggotanya DPRD lainnya menerima kedatangan Aliansi Masyarakat Bengkalis-Bantan Tolak PT RRL, Selasa (17/11/2015).

Heru mengatakan,  pertemuan itu bukan untuk mengambil sebuah keputusan. Pihaknya hanya menerima aspirasi dari masyarakat yang tergabung dalam aliansi tolak PT RRL, dan akan membahasnya di internal dewan untuk kemudian diambil langkah-langkah, apakah membentuk Pansus, Panja atau lainnya. 

Ketua Aliansi Masyarakat Bengkalis-Bantan, Tarmizi menyampaikan, ketenangan dan kenyamanan masyarakat saat ini mulai terganggu dan mereka mengaku sangat resah, ketika kebun mereka di klaim oleh PT RRL .

Tidak hanya perkebunan, sebagian rumah-rumah masyarakat juga diklaim masuk kawasan HTI PT RRL. 

''Bagi kami, persoalan ini sangat serius dan meresahkan. Terus terang sejak persoalan ini muncul beberapa bulan lalu, sebagian warga menjadi sulit tidur, mereka kawatir kalau-kalau kebun yang sudah mereka kelola puluhan tahun tiba-tba raib karena masuk konsesi HTP PT RRL,'' sebut Tarmizi. 

Dia menambahkan, setidaknya ada beberapa persoalan yang patut menjadi perhatian semua pihak. seperti, menyangkut pengelolaan lahan gambut, karena hal itu bertentangan dengan SE Mentri LHK Nomor S.494/KEMLHK-PHPL/2015 tertanggal 01 November 2015 dengan tegas menyebutkan tentang larangan eksploitasi lahan gambut. 

Selain itu, bahwa PT RRL adalah satu diantara 19 perusahaan yang masuk daftar hitam karena kasus kebakaran hutan dan lahan. hampir 75 persen pulau Bengkalis terdiri dari gambut, dan kebijakan PT RRL di pulau Bengkalis hanya akan menimbulkan komflik ," tegasnya. (Hws)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!