Waspada, Lalapan Bisa Jadi Pintu Masuk Telur Cacing Ketubuh Manusia

Jakarta~Cacing-cacing parasit seperti cacing gelang, tambang, dan cambuk baru bisa berkembang bila masuk ke tubuh manusia. Salah satu cara masuknya adalah apabila telur cacing tak sengaja tertelan lewat mulut.

  Dijelaskan oleh dr Sri Kusumo Amdani, SpA(K), dari Rumah Sakit Harapan Kita biasanya anak-anak paling rentan karena mudah memasukkan sesuatu ke mulut. Namun demikian orang dewasa juga bisa terkena, terlebih apabila tak menerapkan perilaku hidup bersih sehat, misalnya malas mencuci tangan.

  Berkaitan dengan hal itu, dr Amdani punya peringatan juga yaitu terhadap makanan mentah seperti lalapan. Karena tak dimasak dan tumbuh di lingkungan yang kotor, daun-daun sayuran bisa jadi tempat bersemayam telur cacing.

  "Kadang-kadang saya lihat nanam sayur itu di pinggir kali terus ngambil airnya di situ. Kan kalau orang buang air besar di sungai ya bisa mencemari airnya," kata dr Amdani pada pencanangan Gerakan Waspada Cacingan di Sasana Griya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

  "Fakultas kedokteran di Lampung itu meneliti dari lalap bisa. Orang dewasa memang enggak main di tanah tapi dia bisa kena dari sayuran-sayuran yang enggak dimasak itu," lanjutnya.

  Untuk mencegah agar tak jadi sarana penyebaran telur cacing dr Amdani menganjurkan agar sayur dimasak saja. Atau bila masih ingin makan lalap, pastikan mencuci sayur dengan seksama terutama di bagian lipatan-lipatan.

  "Lipatan-lipatan sayur itu dibuka karena kadang di situ masih ada tanahnya yang mengandung telur cacing. Dia itu kan kecil jadi memang tidak kelihatan," tutup dr Amdani. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!