2016 Status RSUD Bengkalis Akan Berubah Menjadi BLUD

Irmi Syakip Arsalan
 (Anggota DPRD Bengkalis)
Bengkalis : RIAUNET.COM ~ Akan Masuk akhir pemerintahan H Syamsurizal jadi Bupati Bengkalis, perubahan RSUD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),dan akan baru terealisasi tahun 2016. Perubahan status tersebut diharapkan menjadi kabar baik bagi RSUD dan masyarakat, terutama dalam upaya peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Anggota Komisi IV DPRD Bengkalis yang membidangi kesehatan, Irmi Syakip Arsalan ,jumat (18/12/2015)membenarkan tentang perubahan RSUD menjadi BLUD di tahun 2016 ini. 

Perubahan tersebut seiring telah selesainya audit oleh institusi terkait terhadap RSUD Bengkalis. 

''Memang rencana perubahan RSUD menjadi BLUD ini sudah lama, tapi ada beberapa tahapan yang harus dilalui dan alhamdulillah tahun 2016 ini sudah positif berubah,'' kata Irmi.

Ia menjelaskan, ketika RSUD sudah menjadi BLUD, manajemen nantinya bisa mengatur rumah tangganya sendiri. Artinya, keuangan yang masuk ke RSUD bisa dikelola oleh RSUD untuk kepentingan pembelian obat dan lainnya. 

"2016 besok tidak ada lagi alasan RSUD kehabisan stok obat lalu memaksa pasien membeli obat di luar. Sebab, RSUD tidak harus menunggu proses tender pembelian obat, sebab bisaa langsung beli di RSUD,'' sebut Irmi. 

Menurutnya, perubahan RSUD menjadi BLUD ini akan merubah pelayanan rumah sakit menjadi lebih baik. Tidak semata dalam memberikan pelayanan kepada pasien tapi juga peningkatan mutu, mulai sarana dan prasarana akan terpenuhinya, termasuk dokter spesialis. 

''Ini harus kita maklumi kalau dalam nanti masih ada ditemukan kekurangan, Dan akan kita akan evaluasi untuk perbaikan ke arah yang lebih baik lagi,'' kata irmi. 

Plt Direktur RSUD Bengkalis, Zulfan Herri membenarkan, mulai tahun depan RSUD Bengkalis sudah berubah jadi BLUD. Segalanya sudah dipersiapkan, termasuk himbauan dari BPKP. 

''Saat ini pihak BPKP sedang di RSUD untuk melakukan pendampingan guna mempersiapkan perubahan status,'' jelas Zulfan. (Ri)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!