Berita Terkini

Ahok: Kalau Nggak Ada Apa-apa, Sebaiknya Sidang Novanto Terbuka Saja

Senin, Desember 07, 2015
Loading...
Jakarta~Sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR yang memeriksa Ketua DPR Setya Novanto ternyata digelar tertutup. Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) mengomentari, bila tidak ada hal yang disembunyikan seharusnya sidang digelar terbuka.

  "Ya kalau menurut saya, kalau nggak ada apa-apa sebaiknya semua dibuka saja," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2015) malam.

  Sebagaimana diketahui, Ahok dikenal sebagai tokoh kepala daerah yang mendorong transparansi di segala hal. Bahkan pada situasi yang agak khusus, misalnya pemeriksaan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Ahok tetap mengusahakan sidang bisa terpantau publik secara terbuka, telanjang, dan transparan.

  Ahok-pun mengaitkan sidang di MKD dengan semangat transparansi yang dia dorong. Menurutnya, tak ada yang perlu ditutup-tutupi bila segala halnya memang benar.

  "Sama seperti BPK, saya tantang kan (pemeriksaan 23 November lampau). Kenapa nggak berani dibuka? Ditutup-tutupi? Kita lihat saja," ujar Ahok sembari menutup pintu mobilnya untuk beranjak dari Balai Kota.

  Diberitakan, mayoritas anggota MKD DPR menginginkan sidang Novanto digelar terbuka. Namun demikian akhirnya sidang digelar tertutup.

  Permintaan sidang tertutup itu diajukan oleh Novanto sendiri dan tertulis dalam nota pembelaan di hadapan sidang MKD. Akhirnya sidang yang dipimpin oleh kolega Novanto di Golkar, Kahar Muzakir, itu menerima permintaan Novanto sidang tertutup. (dtk)