Akibat Abrasi, Kebun Masyarakat Tergerus Air

Bengkalis : RIAUNET.COM ~ Abrasi di Pulau Bengkalis terus berlanjut akibat dihantam ombak Air Laut Selat Bengkalis-Melaka. seperti yang terjadi di pantai desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis.

Kusnan Plt Sekretaris Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis, Kamis (17/12/2015) menyampaikan, bahwa Abrasi pantai utara desa Simpang Ayam ini terjadi terus-menerus.

"Beberapa waktu lalu, ada anggota DPR RI, Jhon Herizal dan Heru Wahyudi ketua DPRD Kabupaten Bengkalis beserta rombongan, meninjau langsung ke lokasi abrasi pantai ini, dan katanya, akan dibangun turap pemecah gelombang, namum kata mereka dananya sangatlah besar sehingga perlu anggaran dari APBN," Kata Kusnan.

Tambah Kusnan lagi, dalam setahun terakhir ini, telah terjadi abrasi yang menggerus tanah kebun pertanian Singkong dan Nenas milik masyarakat sepanjang tiga sampai empat kilometer. 

"Salah satu kelompok peduli lingkungan Forum Panji Simpang Ayam yang melakukan penanaman ratusan ribu bibit mangrove juga gagal total, karena abrasi dan kuatnya hantaman gelombang terhadap bibit yang telah ditanam nya,"tegasnya

"Kami Berharap kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, untuk sesegera membangun turap pemecah gelombang, karena, jika tidak ditangani secepatnya, pulau bengkalis ini tenggelam," ujar kusnan. (Hws)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!