Ini Alasan MKD Kenapa Belum Panggil Setya Novanto

Jakarta«Voting rapat MKD memutuskan untuk melanjutkan kasus Ketua DPR Setya Novanto ke tahap persidangan. Namun dalam jadwal persidangan yang disusun, belum ada agenda memanggil Novanto. Kenapa?

  "Persidangan (memanggil) Pak Sudirman hari Rabu (besok), Kamis mengundang Pak Ma'roef Sjamsoeddin dan Pak Reza Chalid. Hasil dari persidangan dua hari itu kami kaji kembali apakah dengan dasar itu kami bisa langsung minta keterangan Pak Setya Novanto, atau mungkin akan didalami lagi keterangan lain," kata Wakil Ketua MKD Junimart Girsang.

  Hal itu disampaikan Junimart usai sidang voting di depan ruang MKD gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/12/2015). Dalam voting, sebanyak 11 anggota setuju kasus dilanjutkan ke persidangan dan 6 orang lainnya menolak.

  Junimart menjelaskan, keterangan Sudirman Said, Ma'roef dan Reza Chalid menjadi bahan untuk mengonfirmasi Novanto. Semula Novanto akan dipanggil Senin (7/11), namun batal disepakati karena jadwal bisa berubah jika MKD masih perlu mendalami keterangan 3 orang sebelumnya.

  "Kami mau dalami semua. Bagaimana mau panggil (Novanto) kalau belum didalami (keterangan saksi-red)," ujar politisi PDIP yang getol kawal kasus Novanto itu.

  "Biar kita tidak salah langkah. Apapun kan katanya Pak Novanto ini didudukkan sebagai orang yang tidak bersalah sepanjang belum diputuskan. Jadi beliau pihak-pihak yang perlu dihargai," imbuhnya.

  Lalu bagaimana jika Novanto menolak hadir seperti kasus Trumpgate yang dua kali dipanggil mangkir? "Di tata beracara diatur. Apabila sudah dipanggil tidak datang tanpa alasan, kami bisa panggil paksa pakai aparat hukum," jawab mantan pengacara itu. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!