Ini Cerita Foto Pak Harto di Istana Raja Belgia

Brussel~Sebuah kehormatan bagi Belgia pernah dikunjungi Presiden Suharto. Tak heran mereka memajang foto presiden kedua RI itu di Istana Raja. Rupanya hanya foto Suharto yang dipasang di istana yang terletak di Brussel, Ibu Kota Belgia itu. Tak ada foto presiden RI lainnya. Kenapa?

  "Dia satu-satunya Presiden Indonesia yang berkunjung ke Belgia hingga saat ini," kata juru bicara Istana Raja Belgia, Pierre-Emanuel De Brauw, kepada rombongan jurnalis Indonesia dan Jepang di Brussel, Senin (7/12/2015) waktu setempat.

  Berdasarkan catatan di foto, Pak Harto berkunjung ke Belgia pada 21 November 1972 atau 4 tahun setelah resmi menjadi presiden. Kunjungan itu bukan tanpa alasan. Sebelumnya, utusan misi perdagangan Belgia datang ke Indonesia.

  "Setelah itu, Presiden Suharto datang ke Belgia," jelas De Bauw.

  Foto Pak Harto dan Ibu Negara Tin Suharto ditempatkan di meja dekat foto besar Raja Belgia di samping pintu masuk ruang pertemuan berukuran kurang lebih 5 meter x 8 meter. Di sebelahnya, ada foto beberapa Kaisar dan PM Jepang. Ini karena Jepang telah berkunjung berkali-kali ke Belgia.

  Hubungan Belgia dan Indonesia, kata de Bauw, terjalin baik di masa lalu. Berkali-kali utusan Belgia datang ke Jakarta. Kadang mereka dijamu di Istana Bogor. Kegiatan itu menjadi hal menarik di Belgia dan diberitakan media berbahasa Prancis, salah satu bahasa utama di Belgia.

  Saat ini, hubungan bilateral tersebut terus terjalin. Indonesia kerap mengirim utusan, minimal setingkat menteri, ke Belgia. Begitu pula sebaliknya.

  Sebagai salah satu penanda hubungan baik, pertengahan Maret 2016 Belgia menggelar misi perdagangan ke Indonesia. Acara dipusatkan di Jakarta, Bogor, dan Bandung.

  Usai memberi penjelasan singkat soal Kerajaan Belgia dan mengenang kunjungan Pak Harto, De Brauw dan perwakilan Istana Raja menunjukkan 1-2 ruangan dan menjelaskan soal desain dan ornamen. Selanjutnya mereka mengantar rombongan jurnalis meninggalkan Istana. Yang tertinggal hanya foto Pak Harto dan cerita yang selalu diingat keluarga Kerajaan Belgia. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!