Ini Kondisi Stasiun Kereta di Jepang, Modern!

Tsurumi~Anda yang pernah ke Jepang pasti tahu bagaimana kondisi stasiun kereta di negeri Sakura itu. Besar dan megah, tak kalah jauh dengan bandara.

  Rombongan PT Kereta Commuter Line Jabodetabek (KCJ), sempat melihat sejumlah stasiun yang ada di Jepang, kamis (10/12/2015). Mulai dari Stasiun Tsurumi, Ueno-Tokyo, Yokohama, sampai, Akibahara. Semua stasiun itu besar dan modern. Serta selalu dilengkapi dengan mal, yang utamanya diisi restoran.

  Restoran itu umumnya masakan Jepang, walau ada juga yang masakan Eropa. Beberapa tempat minum kopi, sake, atau juga bir ada juga di stasiun. Sore hingga malam, restoran dan tempat minum itu ramai dikunjungi. Restoran, tempat minum, atau toko kue buka mulai pukul 10.00-23.00.

  Di stasiun juga dilengkapi elevator serta lift. Banyak juga vending machine atau mesin minuman di beberapa titik. Cukup memasukan koin untuk membeli minuman. Petugas informasi juga ada ruangannya. Kalau ada yang tidak tahu tujuan kereta, atau ada masalah dengan kartu tinggal bertanya ke bagian informasi.

  Tak heran kalau stasiun dan mal di Jepang menjadi kesatuan. Ada belasan juta orang Jepang setiap harinya menggunakan kereta untuk bekerja dan bepergian. Di Jepang memang lebih mudah berkereta untuk pergi kemanapun. Tarif termurah sekitar Rp 13 ribu rupiah untuk jarak terpendek.

  Di stasiun juga tidak ada loket tiket. Kalau mau beli tiket silakan ke mesin yang ada. Menurut Horas, warga Indonesia yang puluhan tahun tinggal di Jepang, sudah sejak 20 tahun lalu kondisi stasiun seperti ini. Budaya berkereta di Jepang memang sudah lama dan mengakar.

  Kereta menjadi alat transportasi utama. Ada beberapa operator yang menjalankan bisnis kereta yang terbesar JR Line. Operator itu juga memiliki rel sendiri-sendiri.

  Pastinya, satu budaya yang keren dari orang-orang Jepang ini adalah soal disiplin dan budaya antre. Tak ada yang buang sampah sembarangan, atau merokok seenaknya. Di stasiun semua serba antre rapi, seperti misalnya untuk naik kereta dengan berbaris di antrean. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!