Jika Tak Hadir Di Sidang MKD Besok, Reza Chalid Akan Di Panggil Paksa

Jakarta~Pengusaha minyak Reza Chalid dipanggil untuk kedua kalinya oleh MKD untuk menjadi saksi dugaan pelanggaran etik Setya Novanto Senin (14/12) besok. Jika Reza tak hadir lagi, maka akan dipanggil paksa MKD melalui kepolisian.

  "Kalau kita tidak bisa panggil pertama dan kedua, maka ketiga sesuai tata beracara MKD meminta penegak hukum untuk memanggil paksa," ujar anggota MKD Sukiman, Minggu (13/12/2015).

  Reza telah dipanggil pertama kali pada Kamis (3/12) lalu, berbarengan hari dengan pemanggilan Maroef Sjamsoeddin ke MKD. Namun taipan minyak itu tak hadir dan diketahui berada di luar negeri. Menkumham Yasonna Laoly mengkonfirmasi Reza di luar negeri.

  Selain MKD, Reza Chalid juga diincar Kejaksaan Agung sebagai saksi dalam kasus yang sama, namun dari sisi hukum pidana bukan etika. Termasuk Presiden Joko Widodo yang ternyata sudah memerintahkan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melacak keberadaan Reza Chalid.

  "Kalau dia ada di sini (Indonesia) kan kita bisa paksa, tapi kalau sudah keluar negeri kan juga engggak bisa, gimana kita mau maksanya," kata Badrodin soal kemungkinan panggil paksa Reza, Selasa (8/12).

  Selain mengudang Reza Chalid pada pukul 10.00 WIB, sidang keempat MKD besok juga memanggil Menkopolhukam Luhut Pandjaitan untuk memberi kesaksian. Luhut sudah mengkonfirmasi akan hadir dan minta sidang digelar terbuka.

  Kehadiran Reza sangat penting bagi MKD karena ikut dalam pertemuan yang dihadiri oleh Setya Novanto dan Maroef Sjamsoeedin Juni 2015. Maroef membenarkan pertemuan itu dengan bukti rekaman. Sementara Novanto dalam peridangan di MKD menolak menjawab, meski dalam wawancara di media sebelumnya membenarkan. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!