Jokowi Akan Permudah Urus Sertifikat Tanah

Jakarta : Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid VII. Dalam paket kebijakan yang baru ini, salah satunya memberikan percepatan dan kemudahan sertifikasi tanah rakyat dan memberikan tanah negara untuk dipakai oleh Pedagang Kaki Lima (PKL).

  "Pemerintah memberikan kemudahan juga dalam proses sertifikat tanah. Karena sertifikat ini sebenarnya juga dipakai sebagai akses ekonomi. Dalam prosesnya masyarakat kita fasilitasi," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursidan Baldan, saat mengumumkan Paket Ekonomi Jilid VII, di Istana Negara, Jumat (4/12/2015).

  Ferry mengatakan, Badan Pertanahan Nasional akan meminta juru ukur untuk mengukur tanah rakyat. Dengan adanya juru ukur ini, proses sertifikasi tanah bisa lebih cepat.

  "Kalau BPN sekarang (yang ukur tanah), itu hasilnya dihitung, nggak selesai-selesai sampai 20 tahun. Kalau pakai juru ukur ini bisa lebih cepat. Juru ukur ini profesi baru," kata Ferry.

  Ferry menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengeluarkan Peraturan Menteri terkait penerbitan tanah negara untuk pedagang kaki lima (PKL).

  "Seluruh PKL yang ada dalam wilayah penataan, kami datang, ukur kiosnya, dan kita keluarkan Hak Guna Bangunan (HGB) nya," kata Ferry.

  Ia menambahkan, dengan PKL memiliki HGB, maka dengan sertifikat tersebut dapat dijaminkan untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai modal usaha.

  "HGB bisa jadi agunan untuk KUR. Jadi pemberian HGB bagi PKL dalam kawasan penataan. Ini menambah ketenangan mereka dan menegaskan bahwa bagaimana sebenarnya sertifikat itu memiliki nuansa akses reform dan akses ke perbankan. Sampai hari ini sudah terdaftar 34 daerah (wilayah penataan) dan kita akan launching di Banten pada Desember ini," tutup Ferry. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!