Jokowi: Lembaga Kementrian Harus Belanjakan Anggaran Pada Program yang Jelas

Jakarta~Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Kepada Kementerian Lembaga (KL), agar membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada 2016 yang bernilai RP 2.095,7 triliun, pada program yang jelas dan tepat sasaran.

  Contoh dalam program di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Ada program berjudul peningkatan kualitas sekolah, yang menurutnya adalah model kalimat bersayap.

  "Peningkatan kualitas sekolah, (program) apa itu. Jelas saja sudah, bangun kelas berapa meter per segi. Itungannya juga jelas," tegas Jokowi, di acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).

  Jokowi menegaskan, program yang dianggarkan harus digunakan untuk kegiatan yang tepat sasaran. Tidak boleh ada program yang digunakan untuk membuang anggaran negara, yang tidak jelas dampaknya bagi masyarakat.

  "Misalnya 7 x 10 berarti 70 meter persegi. Untuk bangun kelas berapa sih. Jelas angkanya," imbuhnya.

  Masyarakat juga kemudian tidak akan mempertanyakan besarnya belanja pemerintah. Hal tersebut dikarenakan belanja sudah memberikan manfaat untuk masyarakat banyak.

  "Jangan melenceng ke mana-mana. Peningkatan kualitas sekolah apa? Rakyat juga nangkepnya apa," kata Jokowi.(dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!