Kebakaran Hutan Kembali Terjadi Di Kecamatan Gansal Kab Inhu

INHU : RIAUNET.COM ~ Pagi ini, Kamis (17/12/2015) kebakaran hutan kembali terjadi di Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Mendapat informasi tersebut, gabungan personil dari TNI, Polri, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran dan para petugas medis, secara bersama terjun langsung ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman dan penanggulangan.

  Bersama sejumlah unsur FKPD dan jajaran di lingkungan Pemkab Inhu, Pj Bupati H. Kasiarudin, SH juga secara bersama melakukan peninjauan pada lokasi kebakaran yang sedang dipadamkan.
 
  Ditengah terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta kondisi crowded tersebut, dilokasi lain ratusan demonstran juga melakukan unjuk rasa untuk meminta pihak pemerintah agar segera melakukan tindakan baik dalam hal penanggulangan maupun penindakan bagi para pelaku pembakaran.

  Sebab, sudah cukup lama masyarakat khususnya di Inhu merasa resah dengan adanya kabut asap yang ditimbulkan dari terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut.
 
  Namun tidak perlu khawatir, sebab peristiwa yang baru saja terjadi adalah sebuah simulasi yang dilakukan oleh ratusan personil gabungan dari TNI, Polri, BPBD Riau dan KPBD Inhu, Manggala Agni, Damkar, Satpol PP, petugas Medis serta para mahasiswa yang ikut serta dalam sebuah simulasi yang menjadi bagian dari pelaksanaan Upacara Gladi Lapang Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan yang diselenggarakan oleh BPBD Riau bersama KPBD Inhu, di lapangan Sepakbola Praja Bhakti, Pematang Reba.
 
  Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Pj Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH bertindak langsung selaku Inspektur upacara. Turut hadir juga dalam kegiatan itu, Kalaksa BPBD Riau Edwar Sanger, Kasrem 031 Wirabima Kolonel Czi I Nyoman Parwata, perwakilan Lanud, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Edison S Sinabutar, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, SIK, Plt Sekda Isdjawardi, SE,MT, Kepala KPBD Inhu Arifwan, Kepala Kesbangpol Adri Bahar, Kepala Kantor Satpol PP Inhu Tukiyat, Kepala Dinas Kesehatan Suardi, Kabag Humas Jawalter, MPd serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu.
 
  Usai melakukan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan peserta upacara, mengawali amanatnya Pj Bupati H. Kasiarudin, SH menyampaikan terima kasih kepada BPBD Riau yang  telah memilih Kabupaten Inhu sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan gladi lapang penanggulangan bencana ini ,"katanya.
  Ia juga menyambut baik serta mengapresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan ini.
 
  Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa dalam kurun waktu terakhir ini, trend bencana di Indonesia khususnya di pulau Sumatra cenderung meningkat. Berangkat dari hal tersebut, Pj Bupati menghimbau kepada semua pihak yang terkait dalam proses penanggulangan baik dari pemerintah maupun  dunia usaha serta masyarakat agar dapat bekerjasama dalam melakukan pencegahan mulai dari pelarangan membuka lahan dengan cara membakar, menyatakan kesiapsiagaan melawan titik api mulai dari yang kecil serta meningkatkan partisipasi masyarakat dan perusahaan untuk selalu waspada.
 
  Sebab, sesuai perkiraan dari BMKG, Provinsi Riau diperkirakan pada januari dan februari 2016 mendatang akan terkena dampak el nino  dan terjadinya lagi musim panas serta kekeringan yang beresiko tinggi terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan ,"jelas Kasiarudin.
 
  Sebelum membuka secara resmi kegiatan ini, Pj Bupati kembali mengharapkan agar kedepannya kegiatan dalam hal penanggulangan bencana khususnya di Inhu dapat terus ditingkatkan ,"imbuhnya.
 
  Selanjutnya, usai pelaksanaan upacara, dengan didampingi para pejabat serta tamu undangan, Pj Bupati H. Kasiarudin, SH melakukan peninjauan kesejumlah Posko BPBD serta berbagai alat evakuasi yang ditampilkan dalam kegaiatan ini. (rls)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!