Komisi III DPR Bantah Tak Serius Lakukan Fit Proper Capim KPK

Jakarta~Komisi III DPR RI sejak kemarin menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon pimpinan KPK. Namun, dari hari pertama, komisi yang membidangi hukum ini dituding tak serius atau main-main.

  Koalisi Masyarakat Sipil menilai dalam proses uji kelayakan terhadap capim KPK pada hari pertama terdapat catatan. Salah satunya terkait format materi dan banyak jumlah anggota Komisi III yang absen.

  Wakil Ketua Komisi III Benny Kabur Harman menegaskan pihaknya sudah menggelar uji kelayakan sesuai aturan.

  "Sesuai aturan kita itu. Sudah kita jalankan itu," ujar Benny di sela uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

  Dia menjelaskan saat uji kelayakan ada beberapa anggota tetap Komisi III diganti dari rekan fraksi yang sama. Lalu, diakuinya ada beberapa anggota Komisi III yang pada hari pertama menyambi jadi hakim di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

  "Ada itu, kan gantian. Tapi, ada kan kemarin," sebut politikus Demokrat itu.

  Dia pun menegaskan anggota Komisi III yang hadir sejak hari pertama kemarin sudah lengkap dari 10 fraksi. Benny tak setuju dengan anggapan sepi kehadiran anggota.

  "Banyak, banyak itu. Banyak. Gantian, banyak. Kan apalagi per fraksi. Kemarin, hari ini 10 fraksi lengkap ada," ujarnya.

  Sebelumnya, aktivis ICW yang masuk dalam Koalisi Masyarakat Sipil, Aradila Caesar mengatakan selain format pemberian materi yang berbeda, jumlah anggota komisi hukum tersebut menjadi catatan. Kehadiran anggota Komisi III dalam uji kelayakan dan kepatutan pada hari pertama hanya sekitar 35 orang atau tak hadir 100 persen.

  "Ada sejumlah anggota yang meninggalkan ruang uji kelayakan dan kepatutan sebelum seluruh proses selesai. Dalam pantauan juga masih banyak anggota komisi yang datang terlambat. Ada pula yang nyambi sebagai hakim di sidang MKD Setya Novanto," sebut Ardilla, Senin kemarin.
(dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!