Luhut: Saya Tak akan Cederai Janji Prajurit

Jakarta~Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan berjanji tidak akan mencederai janji prajurit komando. Kenangan sebagai prajurit perebut Kota Dili masih membekas diingatannya.

  Peringatan 40 Tahun perebutan Kota Dili dari tangan Portugis dihadiri 105 mantan prajurit yang ikut berjuang. Acara ini dilangsungkan di Gedung Chandraca, Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur.

  "Saya sebagai Menko Polhukam tidak akan pernah mencederai janji sebagai prajurit komando," kata Luhut dalam sambutan, Senin (7/12/2015).

  Kala itu, Luhut berperan sebagai Komandan Kompi A pasukan Satu Nanggala V Kopassandha. 13 Rekan seperjuanganya gugur dalam operasi perebutan Kota Dili yang dikuasai Portugis.

  "Operasi kita berubah dari dua tim menjadi tiga tim, saya masih ingat semua jelas perjalanan kita. Saya bisa begini karena prajurit-prajurit kita yang sudah pergi. Jadi itu yang buat saya terharu sejenak. Perjalanan begitu cepat," jelas Luhut.

  Luhut juga menjelaskan, operasi yang dipimpim Letjen Purn Sugito telah direncanakan dengan baik. Namun rencana itu tidak semulus ketika dijalankan.

  "Perubahan skenario tidak kita inginkan. Ini pelajaran buat perwira harus terkordinir dengan baik. Spirit di sini tidak bisa dilupakan. Mereka enggak akan tahu besok apa yang akan terjadi," ucapnya.

  Luhut menceritakan sesaat sebelum pemeberangkatan dari Lanud Iswahyudi di Madiun. Seorang pria berpakaian safari menyambangi dan memberi pesan kepadanya.

  "Waktu itu saya tidak tahu siapa perwira itu. Beliau briefing, saya serahkan perebutan Kota Dili ke detasemen ini. (Dia mengatakan) saya percaya Kota Dili bisa direbut, tapi saya percaya di antara kalian besok ada yang gugur," ujar Luhut. Pria yang memberikan pesan itu adalah Wakil Kepala Badan Kordinasi Intelijen Jenderal Purn Leornardus Benjamin Moerdani atau biasa dikenal Benny Moerdani. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!