MKD Akan Gelar Sidang Luhut Secara Terbuka

Jakarta~Luhut Binsar Pandjaitan memastikan akan hadir sebagai saksi dalam persidangan MKD Senin (14/12) besok. Sidang itu akan dipimpin oleh Wakil Ketua MKD dari Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

  "Gua nggak pakai persiapan, uda ada di kepala gua pertanyannya," kata Dasco Sabtu (12/12/2015) malam.

  Pada dua sidang sebelumnya memang Dasco sempat drop kesehatannya. saat sidang mendengar kesaksian Presdir PT Freeport Maroef Sjamsoeddin, dia drop dan datang terlambat. Lalu saat sidang Novanto, dia izin keluar untuk cek kesehatan.

  Dasco sebagai pimpinan sidang untuk saksi Luhut sesuai dengan giliran. Tiga pimpinan MKD lain sudah memimpin sidang, tersisa Dasco yang giliran memimpin sidang meminta keterangan Luhut.

  "Nanti banyak hal yang akan ditanya, apalagi dia sudah press conference kemarin yang bisa jadi bahan bagi kita," ujar dasco.

  Pertanyaan itu bukan terkait pertemuan yang disebut Sudirman Said ada dugaan pelanggaran etik Setya Novanto, namun lebih kepada materi pembicaraannya. Dalam rekaman, nama Luhut diketahui disebut sebanyak 66 kali dalam pertemuan 8 Juni 2015 itu.

  Alasan pemanggilan, Dasco mengatakan Luhut bisa memberi keterangan tambahan soal dugaan pelanggaran etik Novanto. Pilihan memanggil Luhut, salah satunya karena upaya MKD mendapatkan bukti rekaman milik Maroef belum membuahkan hasil.

  "Namanya menggali bahan keterangan. Ada orang yang tersangkut ya kita minta keterangan supaya bahan kita makin banyak. Apalagi tuntutan masyarakat ayo dong kasus segera diselesaikan," jelas politisi asal geringra itu.

  Untuk mekanisme sidang, Luhut sebelumnya sudah mengatakan agar digelar terbuka karena tak ingin ada yang ditutupi. begitu juga Dasco berharap agar terbuka. Namun dia akan tetap memenuhi prosedur MKD untuk menanyakan lebih dulu kepada Luhut.

  "Nanti kita tanya yang bersangkutan, mau terbuka atau tertutup," pungkas anggota komisi III DPR itu. (dtk)

About

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiawa Silahkan SMS ke nomor HP : 081371900107/ 0811707378/ BBM:28A13E78 atau email ke alamat : redaksiriaunet@gmail.com, Harap camtumkan detail data anda

Comments Now!

You can be first to comment this post!